banner 728x90

Ribuan Kotak Amal Dijadikan Sumber Pendanaan Terorisme

Lampung: Diduga ribuan kotak amal di Lampung dijadikan untuk pendanaan terorisme. Informasi itu kini di dalami Polda Lampung.

Polisi juga tengah menelusuri lokasi 4.000 kotak amal yang diduga disalahgunakan untuk pendanaan kegiatan terorisme tersebut. Masyarakat diimbau untuk memberi sumbangan kepada pihak yang dapat dimintai pertanggungjawaban.

“Ya (diduga ada 4.000 kotak amal), itu yang kita dengar, dapat informasi dari penyidik. Itu nanti akan kita jadikan pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan), untuk monitoring tempat-tempat yang jadi indikasinya,” kata Direktur Intelkam Polda Lampung Kombes Amran Ampulembang kepada wartawan, dikutip dari detik.com, Sabtu (12/12/2020).

BACA JUGA:   Tingkatkan Mutu Wartawan, BP Batam Gelar Uji Kompetensi Wartawan

Polda Lampung kata Amran, akan bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) untuk mengantisipasi penyalahgunaan tersebut.

“Info itu kita jadikan referensi untuk lakukan pembinaan dan monitoring kelompok-kelompok yang ada di sini. Kita akan kerja sama dengan pemda dan stakeholder lain untuk bersama menangani hal semacam ini dan jenis-jenisnya ke depan,” kata Amran.

Dia mengatakan polisi akan berkoordinasi dari tingkat pemerintah provinsi (pemprov) hingga tataran aparat desa. Pemda dan polisi akan mengantisipasi timbulnya gerakan-gerakan terorisme dan radikalisme.

BACA JUGA:   Wedding Expo HARRIS Hotel dan HARRIS Resort Waterfront di Nagoya Hill Mall, Berhadiah Liburan di Kapal Pesiar

Sebelumnya, Polri mengungkap kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) menyalahgunakan dana kotak amal untuk kepentingan terorisme. Kotak amal ini jadi satu dari sekian sumber pendanaan kegiatan terorisme.(emr)

sumber: detik.com
foto: ilustrasi