banner 728x90
Lingga  

Ketua PKK Lingga Harap Lingga Bebas Polio

AriraNews.com, Lingga – Ketua TP PKK Kabupaten Lingga, Maratusholiha, S.Kep mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektor tentang Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Dalam Rangka Penanggulangan Kejadian Luar Biasa Polio Tahun 2024 yang diadakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Lingga, Senin (08/07/2024).

Sebagaimana diketahui, pada Tahun 2014 Negara Indonesia telah melakukan eradikasi dan mendapatkan predikat bebas polio dari WHO. Namun mendekati akhir tahun 2022 tepatnya 24 November 2022 ditemukan kasus 3 orang anak yang terserang virus polio di Kabupaten Pidie, Aceh.

BACA JUGA:   Bupati Lingga, M Nizar Membuka Sosialisasi dan Pembinaan Lembaga Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial Masyarakat di Kecamatan Singkep Pesisir

Menyusul setelah Aceh setahun setelahnya juga ditemukan kasus balita terserang virus polio di Klaten, Pamekasan dan Sampang Madura. Tidak berhenti disitu, tahun ini juga ditemukan kasus polio di Sidoarjo, Kabupaten Asmat, Nduga dan Mimika.

Terkait temuan kasus ini, Kemenkes RI telah mempelajari dan mengadakan riset tentang penyebab meningkatnya kasus polio di berbagai daerah dan menyimpulkan beberapa penyebab di antaranya cakupan vaksinasi polio yang rendah karena pandemi Covid-19, sanitasi yang buruk, malnutrisi dan adanya beberapa golongan masyarakat yang “antivaksin”.

BACA JUGA:   Bupati Nizar Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Singkep Selatan, Kejar RPJMD 2024

Maratusholiha dalam sambutannya berharap agar setiap pihak bisa bekerja dengan semangat untuk kegiatan imunisasi PIN polio ini seperti semangat yang ditunjukkan pada kegiatan Intervensi Serentak Stunting beberapa waktu yang lalu.

“Saya yakin dan percaya, mudah-mudahan PIN polio kita ini nanti bisa mencapai 100 persen juga,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes PPKB, dr. Bukit Tua Riyanto Gultom Lingga mengatakan bahwa kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) ini merupakan kegiatan Nasional yang kedua setelah intervensi serentak stunting.

Kepala Dinkes juga menyampaikan bahwa berkat kontribusi semua pihak pada kegiatan Intervensi Serentak Stunting beberapa waktu yang lalu, Kabupaten Lingga berhasil mendapatkan prestasi terbaik I secara Nasional.

BACA JUGA:   Ultras HMR Serahkan Bantuan Jaring Tangkap Udang untuk Nelayan Lingga

“Pada kesempatan ini juga kami mengucapkan terima kasih atas sinergitas baik itu lintas sektor, TNI/Polri, serta teman-teman dari kecamatan beserta puskesmas sehingga kegiatan kita kemarin berjalan dengan baik,” ujar Kadinkes.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Dinkes PPKB, Kapolsek Daik, perwakilan OPD, perwakilan Kemenag, Camat se-Kabupaten Lingga, Kapus dan Kader setiap kecamatan serta undangan lainnya.(ydi)