banner 728x90

Ada Suara Cewek Panggil-panggil Pengendara, Ada Apa?

Ariranews.com, Batam: Bagi pengendara kendaraan bermotor jangan kaget ketika berhenti di perempatan ada suara perempuan yang memanggil dan memberikan peringatan atau hanya sekedar mengingatkan agar Anda berhati-hati saat di jalan raya.

Itu merupakan suara petugas di bagian Voice Announcement Area Traffic Control System (ATCS) milik Dinas Perhubungan Kota Batam. “Pengendara harap mamatuhi lalu lintas, dan tetap menjaga keselamatan selama berkendara,” ucap Voice Announcement ATCS yang terpasang di traffic light.

Kepala Bidang Lalu Lintas (Kabid Lalin) Dishub Batam, Edward Purba mengatakan, suara tersebut merupakan suara petugas yang bekerja di ruang kontrol Lalin Dishub Batam.

BACA JUGA:   Karyawan dan Tenant DC Mall Jalani Vaksinasi Covid-19

Petugas bisa melihat aktifitas pngendara melalui CCTV yang ada di perempatan-perempatan yang ada di Batam.

“Sistem ATCS ini sudah dipasang di 29 titik rawan kecelakaan dan pelanggaran,” ungkapnya, Edward, Rabu (20/1/2021) siang pada wartawan.

Saat ini kata Edward, ada empat orang petugas memantau titik-titik tersebut.
Mereka bertugas untuk memantau dan mengimbau masyarakat agar patuh berlalu lintas terutama pada lintasan stopline.

BACA JUGA:   Pembangunan Masjid di Bandara Hang Nadim Segera Dimulai, Rabu HM Rudi Letakkan Batu Pertama

“Petugas itu pantau 29 titik, bukan satu petugas 1 titik, kenapa belakangan nggak terdengar karena memang masyarakatnya sudah banyak yang patuh, voice fungsinya imbauan misalnya melewati stopline maka akan kita imbau,” kata Edward.

Edward melanjutkan, pada tahun 2021 ini Dishub akan menambahkan 7 ATCS dan beberapa perlengkapan jalan seperti marka jalan, rambu lalu lintas, isyarat lalu lintas dan alat pengendali dan pengaman pengguna jalan. Setelah terpenuhi maka Dishub akan bekerjasama dengan Polisi Lalu Lintas (Polantas) untuk pencatatan pelanggaran (tilang) dan surat penagihan yang langsung dikirim ke rumah pelanggar.

BACA JUGA:   Imigrasi Batam Cegah 6 Ribu Orang Lebih Berangkat ke Luar Negeri

Adapun beberapa titik ATCS yang tersebar di Batam, yakni simpang lampu merah Masjid Raya, simpang Poltek, Kara, KDA di Batam Centre, Simpang Kabil, Simpang Panbil Mukakuning, dan Simpang Basecamp. Kemudian simpang Martabak Har Nagoya, lampu merah Sekolah Tinggi Ibnu Sina di Lubukbaja, simpang Seraya Atas, simpang Polsek Lubukbaja, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Tanjunguncang, dan Simpang Sei Harapan.(emr)