banner 728x90

NasDem Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah, Belum Ada Nama Amsakar

Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) buka penjaringan bakal calon (Bacalon) kepala daerah, Kamis (9/5/2024).

AriraNews.com, Batam – Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) buka penjaringan bakal calon (Bacalon) kepala daerah.

Hingga Kamis (9/5/2024) belum ada nama Ketua DPD Batam Nasdem, Amsakar Achmad mengambil formulir. Penjaringan ini diperpanjang hingga 11 Mei 2024 mendatang.

“Untuk Pak Amsakar belum ada. Kami juga menunggu untuk yang Batam ini. Makanya diperpanjang untuk waktu pendaftarannya,” kata Ketua Tim Penjaringan DPW Partai NasDem Teuku Afrizal Dachlan, Kamis (9/5/2024).

Ia mengatakan persiapan tahapan sudah mulai dan berjalan di DPD yang ada di Provinsi Kepri. DPP Partai NasDem sudah mengeluarkan aturan bahwa setiap provinsi membentuk tim penjaringan. Secara serentak di nasional, tim penjaringan ini sudah bekerja, dan membuka pendaftaran bacalon di Pilkada mendatang.

BACA JUGA:   BP Batam Siapkan Aplikasi IBOSS, Perizinan Kepelabuhanan Akan Semakin Mudah

“Termasuk di Provinsi Kepulauan Riau. Saya diberikan kepercayaan untuk menjadi ketua penjaringan,” katanya.

Ia menjelaskan untuk tingkat daerah, dibentuk tim penjaringan, tim verifikasi, dan tim penetapan bakal calon. Dari tanggal 1-7 Mei sudah membuka penjaringan. Khusus untuk Batam diberikan perpanjangan pendaftaran hingga 11 Mei mendatang.

Sementara enam kabupaten/kota lainnya sudah selesai. Setelah penjaringan dan verifikasi dilakukan, kemudian masing-masing DPD melakukan rapat pleno, kecuali Batam.

“Alhamdulillah untuk Kota Batam sudah mendaftar beberapa kandidat bakal calon. Sudah ambil formulir pendaftaran, mungkin besok atau lusa sudah mengembalikan formulir,” ujarnya.

BACA JUGA:   BP Batam Terima 4 Sertifikat BMN dari BPN Kepri, 2 Area di Bandara dan 2 Jalan Protokol

Afrizal menambahkan untuk tingkat provinsi juga dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran hingga tanggal 11 Mei atau sama dengan pendaftaran di DPD Partai NasDem Batam.

“Sudah mendaftar beberapa figur, dan mengambil formulir. Termasuk juga Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Kepri Muhammad Rudi. Begitu juga kabupaten dan kota lain. Sudah terjaring bacalon,” ungkapnya.

Ia menambahkan untuk hasil semua proses penjaringan di tingkat DPD dan DPW akan diumumkan dan dilanjutkan ke DPP untuk ditindaklanjuti tanggal 15 Mei mendatang.

“Untuk DPP Partai NasDem para bakal calon akan diplenokan, dan mengikuti beberapa tes, termasuk sekolah calon kepala daerah. Ini dilaksanakan setelah bacalon diberikan surat rekomendasi calon kepala daerah,” ujar Afrizal.

BACA JUGA:   Pelatihan Guru TPQ, Tingkatkan Mutu Pendidikan di Batam

Untuk nama- nama yang sudah mendaftar melalui sudah ada, namun ia belum menerima dari masing-masing DPD Partai NasDem. Sumber untuk figur berasal dari internal maupun eksternal. Tentu pihaknya akan objektif dengan berbagai pertimbangan dari bacalon.

Untuk koalisi masih terus dijalin antar partai politik. Ia berharap Partai NasDem bisa mengusung kader internal dan menang dalam Pilkada mendatang.

Ia mengatakan menyongsong Pilkada 2024 ini, jika tidak ada perubahan rencananya akan diselenggarakan 27 November mendatang. Ia berharap Partai NasDem mampu mempertahankan dominasi di Provinsi Kepri ini, salah satunya melalui Pilkada mendatang.(oma)