banner 728x90

Misi INSANI, Bebaskan Guru dari Belenggu Administrasi

TANJUNGPINANG: Cepatnya pertumbuhan teknologi saat ini tak dapat dielakkan lagi. Terjadi digitalisasi dalam semua bidang, termasuk sektor pendidikan. Ditambah dampak dari pandemi Covid-19 ini yang mengharuskan proses belajar mengajar dilakukan dari rumah secara online.

Belum adanya sistem baku dalam dunia pendidikan terhadap proses belajar mengajar tanpa tatap muka ini menjadikan proses belajar mengajar tak
maksimal. Guru saat ini juga disibukkan dalam urusan administrasi.

BACA JUGA:   BP Batam Akan Gelar Salat Idul Adha Perdana di Masjid Tanjak

Ada pandangan yang menyalahkan guru-guru di sekolah. Namun, sesungguhnya para guru sudah bekerja semaksimal mungkin.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Relawan Digital Isdianto-Suryani, Rian Helmi Hidayat.

Dia mengatakan sempena Hari Guru ini apresiasi pada seorang guru tidak hanya cukup memberikan apresiasi dan ucapan selamat.

“Harus ada program konkrit untuk membantu guru, mereka harus dibantu dengan program digitalisasi sekolah, inilah salah satu misi Isdianto-Suryani untuk membantu para guru,” kata Rian Helmi Hidayat.

BACA JUGA:   Limbah Minyak di Pulau Labu dan Pulau Air, Tiga Orang Warga Diperiksa Penyidik Polda Kepri

Menurut dia, di tengah pandemi Covid-19 saat ini kerja guru bukan semakin mudah tapi malah sulit. Ini mengapa karena pembelajaran tatap muka pindah ke online tapi tidak disiapkan sistemnya.

“Jadi digitalisasi sekolah itu bukan hanya sekedar pembelajaraan jarak jauh biasa, tetapi bagaimana semua elemen pendidikan guru, murid dan orang tua dimudahkan,” kata Rian.

BACA JUGA:   Telkom Imbau Pelanggan IndiHome Waspada Modus Penipuan, Hubungi Contact Center 147

Guru kata Rian, harus dimudahkan dalam bekerja, jangan dibebankan dengan hal-hal administrasi. Harapannya digitalisasi sekolah bisa membantu para guru nantinya.

“Sempena Hari Guru ini kami mengucapkan selamat, guru harus dimudahkan tidak boleh dipersulit lagi agar kemudian guru fokus mendidik tidak hanga mengajar dan terbelit persoalan administrasi,” tutup Rian.(***)