banner 728x90
Batam  

Ratusan Personel Lanud Hang Nadim Jalani Tes Urine

Prajurit TNI AU di Lanud Hang Nadim, Batam, jalani tes urine untuk memastikan anggota TNI khususnya AU bebas dari pengaruh narkoba.

AriraNews.com, Batam – Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) Hang Nadim, Letnan Kolonel (Letkol) Korps Penerbang (Pnb) Sony Aji Pramono, S.T., M.I.Pol melakukan tes urine mendadak kepada sejumlah prajurit TNI AU di Lanud Hang Nadim, Batam. Tes urine dilakukan untuk memastikan anggota TNI khususnya AU bebas dari pengaruh narkoba.

“Pemeriksaan dilaksanakan sebelum sosialisasi bahaya Narkoba oleh Tim Satgas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) TNI AU, sebagai bentuk antisipasi secara dini terhadap peredaran narkoba,” sebut Sony, yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 2003 tersebut, Jumat (23/2/2024).

Sony mengatakan, tes urine dadakan tersebut dilakukan Kamis (22/2) kemarin pagi, setelah apel pasukan di Markas Komando (Mako) Lanud Hang Nadim, Nongsa, Batam. Tes urine ditujukan kepada seluruh personel di Lanud Halim mulai dari perwira, bintara maupun tamtama.

BACA JUGA:   Lebaran 2024, Pelabuhan di Batam Layani Setengah Juta Lebih Penumpang
Sosialisasi bahaya Narkoba oleh Tim Satgas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) TNI AU di Lanud Hang Nadim.

“Ini bentuk komitmen TNI AU dalam memerangi narkoba, Khususnya di Lanud Hang Nadim. Ada sekitar 104 prajurit yang mengikuti tes urine tersebut,” ujarnya.

Pria yang memiliki spesialis pilot pesawat berbadan besar, seperti pesawat Hercules ini berharap dengan tes urine itu anggotanya menjadi mawas diri dan menjauhi segala bentuk narkoba.

Bapak dengan dua orang anak ini mengatakan, hasil dari tes urine tersebut semua dinyatakan negatif. Namun dia tak segan memberi sanksi kepada anggotanya yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

“Hasil semuanya negatif. Akan tetapi, bila di kemudian hari ditemukan terdapat personel yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, maka akan diproses dan dipecat, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegasnya.

BACA JUGA:   Beri Salam Terakhir, Jefridin Kenang saat Jenguk Almarhum Messa Haris di Rumahnya

Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Udara (Danpuspomau), Marsma TNI Pipik Krispiarto selaku Komandan Satgas P4GN TNI AU, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Direktur Penyidikan Puspomau sekaligus Anggota Tim Satgas P4GN TNI AU, Kolonel POM Tatiet Rozadi, CTMP., mengatakan bahwa, Satgas P4GN TNI AU mengawali program kerja tahun 2024 di Lanud Hang Nadim Batam untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait bahaya narkoba.

Dia menjelaskan, sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mendalam tentang narkotika dan akibat yang ditimbulkan dari aspek hukum, kesehatan dan aspek pembinaan mental dengan harapan para prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) TNI AU tidak sekali-kali mencoba narkotika karena sekali mencoba, masa depan akan hancur.

BACA JUGA:   Ekspansi di 9 Area Baru, Batam Gateway Jaringan Untuk Kawasan Sumatera

“Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh pemerintah dan TNI AU, karena dapat merusak moral bangsa,” kata Kepala Tim (Katim) P4GN itu.

Perlu diketahui, berdasarkan data dari Satuan POM Lanud Hang Nadim Batam pada tahun 2023, berhasil menggagalkan penyelundupan Narkoba jenis sabu lebih dari 6000 gram yang diselundupkan melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batan.

Sedangkan dari data Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sepanjang tahun 2023, berhasil menyita narkoba seberat 93.466,96 gram sabu.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa peredaran narkoba khususnya di Kepri cukup tinggi, sehingga perlu dilakukan upaya sosialisasi terkait bahaya penyalahgunaan narkoba. (hms)