banner 728x90

Kunyit Hitam Ditemukan di India, Bisa Obati Berbagai Penyakit

Ariranews.com: Sebagai rempah dan bahan masakan yang populer di Asia. Kunyit sudah menjadi salah satu bahan makanan pokok di India. Mulai jadi campuran di makanan hingga untuk obat, semuanya menggunakan kunyit.

Tapi baru-baru ini banyak netizen yang terpukau dengan jenis kunyit langka. Dari luar tampilannya memang mirip seperti kunyit pada umumnya.

Namun ketika dibelah, bagian dalam kunyit tidak berwarna kuning melainkan biru kehitaman seperti batu kristal. Warnanya cantik dan Instagenic.

Dilansir detik.com, banyak akun pecinta lingkungan di India yang membagikan tentang jenis kunyit langka ini.

Kunyit ini lebih dikenal dengan nama zedoary black, atau kunyit hitam. Memiliki nama ilmiah Curcuma Caesia, kunyit ini merupakan tumbuhan asli yang ada di India Timur.

BACA JUGA:   9 Personel Lanud Hang Nadim Naik Pangkat

Bisa dibilang kunyit hitam ini belum tersentuh dan masih banyak orang yang belum tahu tentang khasiat kunyit ini.

Sejak dulu kunyit hitam lebih sering digunakan sebagai obat, hingga syarat dalam upacara adat.

“Apakah kalian tahu kunyit berwarna biru? Biasanya tumbuhan ini dikenal dengan nama kunyit hitam atau ungu. Manfaat dari kunyit ini sangat luar biasa untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Sayangnya, tumbuhan kunyit hitam ini terancam punah. Jumlahnya sangat langka dan sulit untuk dibudidayakan,” tulis akun @diasporaco, pecinta lingkungan di India, mengutip Storypick, Sabtu (16/01).

Menurut beberapa orang yang membudidayakannya di India. Meski namanya kunyit hitam, tapi bagian dalam warna kunyit lebih ke biru cerah yang cantik.

BACA JUGA:   Pulang dari Dubai, Rudi Langsung Tinjau Penataan Jalan di Batubesar

“Kunyit hitam merupakan obat yang cukup langka di Ayuverda (ilmu kesehatan tradisional India). Kunyit ini mengandung antioksidan yang kuat, serta dapat digunakan untuk mengobati kanker. Banyak manfaat lainnya, harganya juga cukup mahal. Keanekaragaman hayati di India memang luar biasa,” puji @swethaboddu, sebagai pecinta lingkungan di Twitter.

Selain antioksidannya, kunyit hitam juga mengandung kurkumin yang dapat membantu mengobati sejumlah penyakit pernapasan. Seperti paru-paru asma bronkitis sampai pneumonia.

Banyak orang India yang mencampur kunyit hitam dengan rempah lainnya seperti lada hitam. Agar manfaat kesehatannya lebih terasa.

Di wilayah Manipur, biasanya kunyit hitam dan akarnya dihaluskan hingga teksturnya seperti pasta. Setelah itu pasta kunyit hitam akan diolesi untuk mengobati luka luar, sampai gigitan kalajengking dan ular.

BACA JUGA:   Belum Sebulan Nikah, Abah Sarna Putuskan Talak Istri Muda

Kunyit hitam dipercaya dapat meredakan pendarahan dan membuat luka lebih cepat sembuh. Karena kandungan antioksidan dan antijamurnya.

Selain itu kunyit hitam disebut dapat mencegah infeksi hingga peradangan dalam tubuh.

Karena sangat langka, jadi jangan kaget jika kisaran harga satu buah kunyit hitam ini bisa sampai Rs 500 (Rp 100.000).

Tak hanya kunyit hitam yang memiliki harga mahal. Sebelumnya ada saffron yang dikenal sebagai rempah paling mahal di dunia.

Sama seperti kunyit hitam, saffron juga banyak ditemui di India. Biasanya rempah ini digunakan untuk memasak hidangan nasi kebuli sampai kari. Kisaran harga saffron per 1 gramnya berkisar di angka Rp 120.000.(emr)

sumber: detik.com
foto: twitter