banner 728x90

BPMP Kepri Gelar Pra-Evaluasi Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepulauan Riau, melaksanakan kegiatan Pra Evaluasi Lembar Kerja Reformasi Birokrasi Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) di CK Hotel Tanjungpinang.

AriraNews.com, Tanjungpinang – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepulauan Riau, melaksanakan kegiatan Pra Evaluasi Lembar Kerja Reformasi Birokrasi Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) di CK Hotel Tanjungpinang, Jumat (10/5/2024).

Kegiatan tersebut dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan reformasi birokrasi sesuai dengan amanat yang tertera dalam Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi

Pra evaluasi ini menjadi langkah awal dalam membangun ZI WBK yang berkelanjutan di lingkungan BPMP Provinsi Kepri, dengan tujuan untuk memperkuat internal dalam membentuk budaya kerja yang berintegritas.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan, Warsita, dalam sambutannya mengatakan, seluruh pegawai harus memiliki spirit dan semangat kerja. Serta mengedepankan layanan yang prima.

“Tidak melakukan kegiatan korupsi dalam pelayanan dan menjalankan role atau aturan yang sudah ditetapkan,” pinta Warsita.

Lanjut Warsita menjelaskan, integritas dan transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah fondasi utama dari negara yang berdaulat dan berkeadilan. Oleh karena itu, di kesempatan ini untuk mengukur sejauh mana BPMP telah mencapai standar tersebut dan mengevaluasi langkah-langkah yang harus di ambil ke depannya.

“Evaluasi ini adalah momen penting bagi kita semua untuk merenungkan kembali tujuan utama kita, yaitu menciptakan wilayah yang bersih dari korupsi. Ini bukan hanya sebuah tugas, tetapi sebuah komitmen yang harus ditanamkan dalam setiap aspek tindakan kita sebagai pemangku kepentingan,” pungkasnya.

Sementara itu, Tim Pendamping Sekretariat Direktorat Jenderal (Setditjen) PDM, Waadarrahman menguatkan, bahwa Pra Evaluasi Lembar Kerja yang dilakukan ini bertujuan untuk  menilai kesiapan dan komitmen bersama dalam menerapkan standar integritas yang tinggi.  

“Menekankan pentingnya kerja sama semua, dalam upaya menciptakan Zona Integritas. Berkomitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi haruslah menjadi prioritas bersama,” ujar Analis Kepegawaian Madya ini.

Selanjutnya, Ketua Reformasi Birokrasi Internal (RBI) BPMP, Hemat Junedi berharap, dari kegiatan ini dapat tersosialisasikannya arah kebijakan Reformasi Birokrasi menuju ZI WBK.

“ Selain itu, memberikan penguatan terkait substansi RBI dan penilaian mandiri. Lalu,
peserta mengetahui rencana ZI WBK dan penilaian mandiri RBI yang akan dilakukan oleh Tim Penilai Internal (TPI) dan Tim Penilai Nasional (TPN) MenPANRB kepada BPMP. Terakhir, terciptanya iklim budaya integritas kerja di lingkungan internal maupun eksternal,” terangnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari Jumat-Minggu (10-12/5), diikuti oleh pegawai BPMP, Kantor Bahasa Provinsi Kepri dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah (BAN PDM) Kepri. Selain itu, mendatangkan narasumber pendamping  ZI-WBK dari Setditjan PDM Kemdikbudristek dan KemenPANRB. (hms)

BACA JUGA:   PWI dan Universitas Sampoerna Gelar Bright Future Competition 2023, Hadiah Trip ke University of Arizona USA