banner 728x90
Batam  

Wagub Marlin Ajak Kabupaten & Kota Siapkan Kafilah Juara di Ajang MTQH Kepri

SIAPKAN KAFILAH JUARA: Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, memberi sambutan pembukaan MTQH Ke-32 Tingkat Kota Batam, di kawasan MTC, Batubesar, Nongsa, Jumat (1/3/2024) malam.

AriraNews.com, Batam – Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Hj Marlin Agustina, mengajak agar kabupaten dan kota di Kepri menyiapkan diri menjelang Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) Tingkat Provinsi Kepri, yang akan digelar di Kota Batam nanti.

Hal ini ia sampaikan saat memberi sambutan pembukaan MTQH Ke-32 Tingkat Kota Batam, di kawasan Mega Techno City (MTC), Batubesar, Nongsa, Jumat (1/3/2024) malam.

“Insyaallah Batam akan jadi tuan rumah. Kami mengapresiasi daerah dalam persiapan dan pelaksanaan MTQH. Dengan begitu, kafilah Kepri nantinya bisa tampil terbaik di tingkat nasional,” kata Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kepri ini.

Sementara itu, dengan disaksikan ribuan masyarakat Kota Batam, pembukaan MTQH Ke-32 Kota Batam ini ditandai tabuhan rebana oleh Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

BACA JUGA:   Dukung Program Nasi Kapau Polda Kepri, Amsakar Tinjau Vaksinasi di Wilayah Hinterland
Wagub Kepri, Marlin Agustina hadir dalam pembukaan MTQH Ke-32 Tingkat Kota Batam, di kawasan MTC, Batubesar, Nongsa, Jumat (1/3/2024) malam.

Ditemui di sela acara, Wali Kota HMR berharap, melalui ajang yang digelar hingga 7 Maret 2024 nanti, akan terbentuk kafilah terbaik yang mewakili Kota Batam hingga ke tingkat nasional.

“Batam targetkan juara umum pada MTQH Tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Untuk itu siapkan kafilah terbaik untuk Batam,” pesannya.

Untuk itu, di depan ribuan masyarakat yang hadir, HMR meminta semua peserta MTQH Kota Batam memberikan penampilan terbaik dan berkualitas. Ia juga menegaskan agar dewan hakim memberikan penilaian yang jujur.

BACA JUGA:   Kepala BP Batam Apresiasi Perayaan Tahun Baru yang Kondusif

“Yang bagus, beri nilai yang bagus. Kami ingin kafilah Batam nantinya diisi orang-orang yang benar-benar yang terbaik,” katanya.

Selain untuk prestasi, HMR ingin pelaksanaan MTQH ini dapat menyebarkan ajaran-ajaran agama dan menanamkan nilai-nilai dalam Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Jadikan Alquran sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari,” ingat Kepala Badan Pengusahaan Batam ini.

๐——๐—ถ๐—ถ๐—ธ๐˜‚๐˜๐—ถ ๐Ÿฑ๐Ÿฒ๐Ÿฐ ๐—ฃ๐—ฒ๐˜€๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐Ÿญ๐Ÿฎ ๐—ž๐—ฎ๐—ณ๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐˜€๐—ฒ-๐—ž๐—ผ๐˜๐—ฎ ๐—•๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—บ
Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Batam H Jefridin, melaporkan bahwa MTQH tahun ini diikuti 564 peserta berasal dari 12 kafilah se-Kota Batam.

Sedangkan cabang yang dilombakan meliputi: seni baca Alquran, qiraโ€™at Alquran, hafalan Alquran, tafsir Alquran, serta fahmil Alquran.

Selain itu, cabang syarhil Alquran, seni kaligrafi Alquran, karya tulis ilmiah Alquran, musabaqah hadits nabi, eksibisi, dan qasidah rebana.

BACA JUGA:   Pelabuhan Batuampar Tak Layak, Ombudsman Kepri Harap Pelabuhan Pelni Dipindahkan ke Sekupang

Untuk lokasi lomba golongan tartil, anak anak, remaja, tunet, dewasa, qiraat, qasidah rebana dan bazar, dipusatkan di arena utama kawasan MTC:

Kemudian, golongan 1,5 juz tilawah dan 10 juz, Masjid Tanjak: golongan 20, 30 juz, tafsir dan hadits digelar di Masjid Nurul Hidayah Batubesar.

Selanjutnya, cabang fahmil Quran di gedung perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), cabang syarhil Quran di SMAN 3 Batam, cabang kaligrafi di Sekolah Globe Plus 3, dan cabang KTIQ di gedung serba guna MAN Insan Cendekia.

Untuk MTQH Ke-32 Tahun 2024 ini mengangkat tema: Dengan Tuntunan Alquran, Terus Melaju Menuju Batam Kota Baru. (ski)