banner 728x90

Pemerintah Siapkan 5000 Vaksin untuk Insan Pers, Candra Ibrahim: Anggota PWI Kepri Sudah Banyak yang Mendaftar

Candra Ibrahim

Ariranews.com, Batam: Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang mengusung tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan” berlangsung di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta, pada Selasa, (9/2/2021) siang. Sementara, Presiden Joko Widodo hadir secara virtual dari Istana Negara, Jakarta.

“Saya ingin menyampaikan ucapan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia di manapun Bapak/Ibu berada. Saya tahu di saat pandemi sekarang ini, rekan-rekan pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan setiap perkembangan situasi dan menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, menjaga optimisme, serta menjaga harapan,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Presiden tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh insan pers yang telah membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat untuk berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus korona penyebab pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   Amsakar Lepas Atlet dan Pelatih Batam Menuju PON XX Papua

Dalam acara HPN tersebut, sejumlah media dan kalangan jurnalis menerima penghargaan antara lain Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Anugerah Kebudayaan, dan penghargaan Pena Emas.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, turut menerima penghargaan berupa Medali Emas Kemerdekaan Pers sebagai penghargaan tertinggi pada HPN. Doni dinilai telah membangun kerja sama dengan pers dan para jurnalis melalui sejumlah program sosialisasi penanggulangan pandemi virus Corona.

Untuk diketahui, Puncak Peringatan HPN diikuti oleh sejumlah peserta dari seluruh Indonesia yang dipusatkan di Candi Bentar, Ancol, Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan. Peringatan tahun ini juga disebut menjadi yang terbesar karena diikuti oleh kurang lebih 5.000 peserta secara virtual dari berbagai lokasi.

BACA JUGA:   PWI Jalin Kerja Sama dengan Lemhannas, Rancang Kuliah Singkat Bagi Wartawan

Hadir secara langsung di Istana Negara di antaranya ialah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, hingga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Atal Sembiring Depari.

Dalam kesempatan tersebut Presiden juga mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan 5000 vaksin Covid-19 untuk insan pers. Vaksinasi itu sendiri akan berlangsung Februari hingga Maret mendatang.

Sementara dalam peringatan puncak HPN tersebut PWI Kepri juga mengikuti secara virtual yang digelar di bioskop CGV Grand Mall Batam, Penuin, Batam. Hadir puluhan wartawan dan juga Ketua PWI Kepri, Candra Ibrahim.

BACA JUGA:   Ketua PN Batam Lantik Panmud Pidana, Perdata dan Hukum di Pengadilan Negeri Batam

Usai acara, Candra Ibrahim mengatakan pandemi Covid-19 menjadi hikmah tersendiri bagi dunia jurnalistik. Sebab, pers juga menjadi garda terdepan dalam perang melawan Covid-19. Selain memberikan kabar serta edukasi pada masyarakat, peranan pers sangat terasa dalam membentengi berita bohong alias hoaks yang beredar di dunia maya.

Sehingga, dia sangat mengapresiasi langkah yang diambil Presiden Joko Widodo yang menyiapkan 5000 vaksin bagi insan pers di Indonesia.

“Untuk Kepri sendiri sudah kita data dan banyak yang berminat untuk divaksin secepatnya,” ungkapnya.

Candra pun berharap momentum HPN kali ini menjadi tonggak bersejarah bagi dunia pers di Indonesia termasuk Kepri. Sesuai dengan tema HPN, pers menjadi akselerator perubahan di Indonesia.(emr)