banner 728x90

Lebaran Anak Yatim, Warga Jakarta di Karimun Santuni Pondok Pesantren Bustanuk Azkiya

AriraNews.com, Batam – Senyum sumringah terlihat di wajah anak-anak yatim di Yayasan Pondok Pesantren Bustanuk Azkiya, Wonosari Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Sabtu (6/8/2022).

Mereka mendapatkan paket santunan di Lebaran Anak Yatim ini berupa bingkisan yang isinya sembilan bahan pokok (Sembako) ditambah dengan peralatan sekolah.

Selain warga Jakarta, ada juga kontribusi dari Pengajian Bukit Indah Karimun Pimpinan Nurul bersama kaum muslimin yang disampaikan perwakilan warga Jakarta, Ustad Zaky yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Bustanul Azkiya tersebut.

BACA JUGA:   Syaiful Anam-Agus Suprijadi Pimpin JMSI Jatim

“Alhamdulillah, tradisi Lebaran Anak Yatim bisa kita laksanakan hari ini,” kata Ustad Zaky.

Sebanyak 71 paket Sembako plus peralatan sekolah seperti buku dan alat tulis, berhasil dikumpulkan dari para donasi untuk didistribusikan kepada para yatim yang ada di sekitarnya.

Selain di pondok pesantren, warga Jakarta yang memiliki tetangga yang yatim juga turut menyalurkannya.

“Sebab yang tahu kondisi anak yatim di sekitarnya ya warga kita sendiri, jadi selain di sini, kita juga bagikan di lokasi dekat rumah anggota kita,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Ground Breaking The Icon Central, Amsakar: Semoga Jadi Tempat Tinggal yang Berbeda

Meski masih ada kontroversi terkait  Lebaran Anak Yatim karena ada yang menganggap tidak pernah ada hadist yang shahih yang mendukugnya, melaksanakannya dengan niat berbagi.
Untuk diketahui, Lebaran Anak Yatim atau Idul Yatama biasa dilaksanakan setiap 10 Muharam Tahun Hijriah. Istilah Lebaran atau Hari Raya untuk menggambarkan kegembiraan bagi si Yatim, sebab pada hari itu banyak orang menambahkan rasa kepeduliannya kepada mereka. (msa)