banner 728x90
Batam  

Komisi I DPRD Kepri Kunjungi UPT BKN Batam, Cek Kesiapan Seleksi Calon ASN Tahun 2024

Anggota Komisi I DPRD Kepri saat kunker ke UPT BKN Batam di Batam Center.

AriraNews.com, Batam – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN Batam, di Lantai V Gedung Bersama Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jum’at (1/3/2024) siang.

“Kunker kali ini kita ingin melihat kesiapan UPT BKN Batam dalam penerimaan ASN tahun ini,” kata Taba Iskandar, salah seorang anggota Komisi I DPRD Kepri.

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Kepala Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai ASN, UPT BKN Batam, Imamuddin.

UPT BKN Batam ini merupakan tempat penyelenggaraan Seleksi Calon dan Kompetensi Kepegawaian. Di antaranya seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), ujian kompetensi pegawai negeri sipil dan ujian kedinasan. 

BACA JUGA:   Sukseskan TMMD ke-112, Pemko Batam Gelontorkan Rp 1,8 Miliar

“Ini kunjungan kedua kita kesini. Inikan lembaga Badan Kepegawaian Pusat instansi vertikal. Ditempatkan di Batam dalam bentuk UPT,” ujarnya.

Meski masih UPT atau perwakilan BKN di Pekanbaru, Provinsi Riau, lanjut Taba, tapi sudah banyak menyelenggarakan ujian kompetensi di Provinsi Kepri.

“Dengan adanya UPT disini sudah sangat membantu calon ASN, PPPK, ujian kompetensi pegawai negeri sipil dan ujian kedinasan yang ada di Kepri. Apalagi sistem ujiannya sekarangkan online menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test),” kata Politisi Golkar ini.

Dalam kunjungan ini, pihaknya juga meminta agar membantu honorer atau PPPK untuk melangsungkan ujian secara online. Mengingat ada yang masih belum fasih menggunakan teknologi.

“Ternyata terjawab tadi, ada Try Outnya. BKD juga menyelenggarakan Bimbel. Sehingga kami minta BKN dan BKD Provinsi Kepri bekerjasama,” katanya.

BACA JUGA:   Elvan Sutiyasa Pemenang Grand Prize Stay & Win HARRIS Resort Waterfront Batam, Dapatkan Uang Rp 30 Juta
Kepala Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai ASN, BKN Batam, Imamuddin.

Sementara, Kepala Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai ASN, BKN Batam, Imamuddin berterima kasih atas kunjungan Komisi I DPRD Kepri.

“Tentunya kunjungan ini merupakan kehormatan bagi kami, sebagai bentuk perhatian DPRD Kepri,” kata Imamuddin.

Dalam kunjungan tersebut kata Imamuddin, Komisi I DPRD Kepri meminta penjelasan alur dari penerimaan ASN dan kesiapan UPT BKN Batam dalam rencana penerimaan ASN pada tahun 2024 ini.

“Tadi diminta menjelaskan kesiapan UPT untuk pelaksanaan seleksi tahun 2024 ini. Apa-apa saja kekuatan dan sarana prasarana kemudian alur seleksinya. Direncanakan 2024 ini akan ada perekrutan CASN,” katanya.

Ia menambahkan, rencananya pada Mei 2024 mendatang sudah dilangsungkan seleksi kedinasan, selanjutnya seleksi CASN dan PPPK.

BACA JUGA:   Sah, Upah Minimum 2021 Tak Naik

“Selama ini, Alhamdulilah tak ada kesulitan. Namun, terus menerus kita lakukan perbaikan,” kata Imamuddin.

Saat ini ungkapnya UPT BKN Batam memang masih berkantor di Gedung Bersama Pemko Batam.

“Harapannya ke depan UPT BKN Batam memiliki kantor dengan gedung sendiri,” harapnya.(ara)