banner 728x90
Batam  

Tertimpa Ekskavator, Perbaikan Pipa di Pertigaan Indomobil Dikebut SPAM Batam

Hujan lebat yang terjadi sepanjang, Kamis. (30/11/3023) malam, mengakibatkan sebuah alat berat yang mengerjakan proyek pelebaran jalan di pertigaan Indomobil, Baloi, Batam, tumbang dan menimpa dua pipa saluran air bersih sehingga patah.

AriraNews.com, Batam – Hujan lebat yang terjadi sepanjang, Kamis. (30/11/3023) malam, mengakibatkan sebuah alat berat yang mengerjakan proyek pelebaran jalan di pertigaan Indomobil, Baloi, Batam, tumbang dan menimpa dua pipa saluran air bersih sehingga patah. Akibatnya suplai air jadi terganggu ke beberapa wilayah.

Direktur Badan Usaha SPAM BP Batam, Denny Tondano mengatakan, kejadian itu bermula dari ekskavator yang berada di atas bukit, tumbang karena adanya pergeseran tanah. Sehingga menghantam dua pipa air yang berada di bawah.

BACA JUGA:   Lanud Hang Nadim Tanam 1000 Pohon Mangrove di Kampung Terih Nongsa

“Setelah mendapatkan informasi pipa patah, kita langsung mendatangi lokasi,” ujarnya, Jumat (1/12/2023).

Ia menjelaskan, perbaikan pipa yang patah akan dilakukan dengan mengevakuasi alat berat terlebih dahulu dan meratakan tanah di sekitar lokasi untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

Selanjutnya, dilakukan pemotongan pipa yang lama dan kemudian menyambungkan dengan menggunakan socket.

“Pengerjaan sama seperti penyambungan pipa yang di depan Kongkow kemarin,” ujarnya.

BACA JUGA:   Program KPR Is Me Central Group Tuai Pujian, Kredit Rumah Tanpa Ribet

Dengan adanya kejadian pipa patah tersebut, berdampak pada aliran air ke sejumlah wilayah. Mulai dari daerah Batuampar, Jodoh, Nagoya dan Bengkong.

Untuk estimasi pengerjaan, Denny belum bisa memastikannya. Hal ini tergantung dengan kondisi cuaca dalam beberapa hari ke depan.

“Perbaikan akan terus kita upayakan selama 24 jam, agar bisa diselesaikan dengan cepat,” katanya.

BACA JUGA:   BP Batam Kembali Hadirkan Layanan BLINK di Tengah Masyarakat, Permudah Perpanjangan Uang Wajib Tahunan

Untuk warga yang terdampak, pihaknya juga menyiagakan mobil tangki air bersih untuk pelanggan yang mengalami gangguan suplai air hingga 1×24 jam. Layanan ini dapat dikoordinir oleh Ketua RT/ RW/Kelurahan setempat.

Warga terdampak dapat menyampaikannya melalui layanan saluran resmi kepelangganan Air Batam Hilir.

“Kita juga mengimbau kepada warga yang terdampak bisa menghemat penggunaan air dalam beberapa waktu ke depan,” imbuhnya.(agm)