banner 728x90
Bintan  

Kogabwilhan I Lakukan Pemantauan Udara di Perairan Bintan

Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan I) melakukan pemantauan dan monitor di perairan Timur Selatan Pulau Bintan.

AriraNews.com, Bintan– Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan I) melakukan pemantauan dan monitor di perairan Timur Selatan Pulau Bintan.

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Agus Hariadi, M.Han menjelaskan, pemantauan dilakukan untuk memastikan sejauh mana keamanan laut Indonesia. Pemantauan dilakukan di Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I).

“Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan keamanan Alur laut Kepulauan Indonesia bebas dari berbagai ancaman dan pelanggaran,” kata dia.

BACA JUGA:   Silaturahmi ke Poyotomo, Suryani Diminta Bangun Pabrik Singkong
Pesawat tempur TNI AU melintas di atas kapal perang TNI AL di perairan Bintan, Kepri.

Ia menjelaskan, pemantauan itu melibatkan berbagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI.

“Kegiatan itu merupakan operasi gabungan di bawah komando dan kendali Panglima kogabwilhan I dalam upaya menjaga keamanan dan kedaulatan di wilayah kerja Kogabwilhan I,” kata dia, Kamis (29/2/2024).

Adapun agenda kegiatan tersebut, selain melaksanakan operasi rutin juga sekaligus melatih kerjasama taktis antara unsur KRI dan pesawat tempur dalam upaya meningkatkan interoperability guna pencapaian hasil operasi secara optimal.

BACA JUGA:   Pendiri Ponpes Ibnu Kasim: Suryani Miliki Kriteria Lengkap Sebagai Pemimpin

Lebih jauh ia menjelaskan, kegiatan tersebut melibatkan unsur TNI AL dari Koarmada I yaitu KRI SUR-645, KRI JOL-358, dan KRI WIR-379. Sementara, unsur TNI AU melibatkan unsur2 dari Koopsud I berupa 2 Pesud Fighter Hawk 109-209.(hms)