banner 728x90

WNA Dilarang Masuk, Ratusan Warga China Mendarat di Soetta

Ariranews.com, Jakarta: Viral di media sosial foto TKA China tiba di Indonesia malalui Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu (23/1/2021) lalu.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM membenarkan hal tersebut. Ada sebanyak 153 warga negara asing (WNA) asal Chinayang masuk ke Indonesia lewat Terminal III Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pada Sabtu (23/1) lalu.

Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ahmad Nursaleh menerangkan TKA dari China itu boleh masuk di tengah pelarangan WNA masuk ke Indonesia. Diketahui, dalam rangka penanggulangan Covid-19, pemerintah pusat melarang WNA masuk ke Indonesia hingga 8 Februari 2021.

BACA JUGA:   Jasa Raharja Kepri Tuan Rumah Rakornas Tim Pembina Samsat Nasional Tahun 2021

Ahmad Nursaleh mengatakan lebih dari seratus WN China itu masuk dalam pengecualian WNA yang dilarang masuk ke wilayah Indonesia.

Ratusan warga China tersebut datang menggunakan pesawat China Southern Airlines dari Guangzhou dengan membawa 171 penumpang yang terdiri 153 WN RRT (China) dan 18 WNI.

“Seluruh penumpang asing yang mendarat tersebut masuk dalam kategori orang asing yang diizinkan masuk ke wilayah Indonesia berdasarkan SE Dirjen Imigrasi tentang pembatasan sementara masuknya orang asing ke wilayah Indonesia dalam masa pandemi Covid-19,”  kata Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ahmad Nursaleh, yang dilansir CNNIndonesia.com, Minggu (24/1).

BACA JUGA:   Kolaborasi Aksi Bersih-bersih, Sahabat Humas BP Batam dan Pertamina Angkut 4 Ton Sampah

Dari seluruh penumpang WNA tersebut, Ahmad menjelaskan 150 orang di antaranya memiliki Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Izin Tinggal Tetap (ITAP). Sementara tiga lainnya memiliki visa diplomatik.

Ia mengatakan setelah mendarat setiap penumpang langsung menjalani pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan dokumen keimigrasian.

“Setelah lengkap selanjutnya diarahkan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 menuju tempat karantina,” tuturnya.

BACA JUGA:   77 Tahun Serikat Perusahaan Pers Mengawal Transformasi Bisnis Media untuk Bangkit Bersama

Ahmad juga tidak membantah bahwa penumpang pesawat tersebut memakai baju hazmat ketika berada di area bandara. Ia mengatakan dari beberapa negara, penumpang penerbangan difasilitasi dengan baju hazmat.(emr)

sumber: CNN Indonesia
foto: ilustrasi/ CNN Indonesia