banner 728x90

Berdiri Sejak 44 Tahun Silam, Alim Prata Ikonnya Kuliner Tanjung Uban

Ariranews.com: Kalau Anda berkunjung ke Tanjung Uban, Bintan, Kepri, cobalah mampir ke Kedai Kopi Suka Ramai.

Letaknya masih di kawasan Pelabuhan Ferry Tanjung Uban. Cukup jalan kaki saja. Begitu keluar dari pelabuhan, belok kiri, jalan kaki sekitar 60 meter. Nah, langsung ketemu tu, persis di deretan kanan jalan. Menempati Ruko lantai dua.

Selain terkenal dengan kopi dan teh tariknya, di sana juga ada Alim Prata. Yang legendaris itu.

“Saya sudah jualan (prata) 44 tahun,” ungkap Alim, pemilik Alim Prata tersebut. Alim saat ini sudah berusia 65 tahun. Alim sendiri berasal dari Padang, Sumatra Barat. Berdarah Minang dan India. Sedangkan istrinya orang Payakumbuh, Sumbar.

BACA JUGA:   Gus Muhaimin Yakin PKB Kepri Persembahkan 1 Kursi DPR-RI

Ariranews kebetulan, Selasa (24/11/2020) pagi, berkunjung ke daerah yang langsung berhadapan dengan Kota Batam tersebut. Ke Tanjung Uban, Anda bisa bisa naik kapal cepat atau speedboat dari Pelabuhan Ferry Telaga Punggur, Batam. Saat ini ongkosnya Rp47 ribu. Paling lama 20 menit Anda sudah sampai di Pelabuhan Tanjung Uban.

Saat sampai di sana, sudah banyak pengunjung yang menikmati sarapan pagi, terutama roti prata tersebut.

BACA JUGA:   Kisah Marlin dan Mangrove: Nostalgia Masa Kecil hingga Menanam Bersama Presiden

Alim terlihat sibuk membuatkan pesanan pengunjung. Baik untuk makan di tempat atau yang dibungkus bawa pulang. Alim tak sendiri. Dia dibantu anak dan karyawannya.

Ariranews.com memesan prata dengan kuah kari ayam plus teh tarik panas. Soal rasa, umm…yami. Satu hidangan juga dilengkapi dengan acar, potongan timun, wortel, dan nenas. Rasa asam-asamnya menggugah selera.

BACA JUGA:   Implementasi PP 41, BP Batam Serukan Pengajuan Layanan Penggunaan Perairan

Dan yang bikin beda juga, ayam yang dipakai adalah ayam kampung. Tentu tekstur dagingnya sangat jauh berbeda dengan ayam potong yang dijual di pasaran.

Soal harga, relatif, sesuai dengan rasa dan bahan-bahan yang digunakan. Tak salah Alim Prata bertahan sampai saat ini dan selalu dicari penikmat kuliner. Jika ke Tanjung Uban, jangan lupa mampir ke tempat tersebut. Rasakan sendiri rasanya. Nyamiii…. (emr)