banner 728x90

Satelit Telkom-3 Jatuh ke Bumi

Ariranews.com, Jakarta: Satelit Telkom-3 dilaporkan telah jatuh ke Bumi. Tapi, lokasi jatuhnya belum diketahui.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan perkiraan satelit Telkom-3 jatuh terjadi pada Jumat 5 Februari 2021, pukul 16.35 WIB.

Dilansir medcom.id, berdasarkan pengamatan, LAPAN menyebut satelit Telkom-3 jatuh di wilayah Mongolia atau Tiongkok.

Sebelumnya, LAPAN telah memperkirakan Satelit Telkom-3 akan jatuh kembali ke Bumi pada hari Jumat, 5 Februari 2021.

BACA JUGA:   Peringati HUT Korpri Ke-51, Bupati Natuna Launching Aplikasi Sikekah Merit

Prediksi sebelumnya menyebut satelit ini akan masuk kembali ke Bumi antara pukul 14.30 WIB hingga 18.30 WIB. Satelit ini sempat dinyatakan hilang sesaat setelah diluncurkan dari Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan pada tahun 2012 lalu.

LAPAN memprediksi sebagian besar satelit dengan bobot 1845 ton dan tanpa bahan radioaktif ini terbakar saat memasuki atmosfer. Dengan demikian, satelit hanya tersisa 10 hingga 40 persen dari massa awal saat tiba di bumi.

BACA JUGA:   Serahkan SK CPNS Formasi 2021, Ini Pesan Wako Rudi yang Harus Diingat

Sebagai informasi, Satelit Telkom-3 mengusung kode nama COSPAR-ID 2012-044A, NORAD-ID 38744 dan merupakan buatan ISS Reshetnev, Rusia, berdasarkan pesanan Telkom. Satelit ini diluncurkan pada tanggal 6 Agustus 2012, namun mengalami kendala teknis sehingga gagal mencapai orbit.

Satelit Telkom-3 bersama satelit Ekspress-MD2 yang menumpang roket milik pemerintah Rusia Proton-M itu telah hilang setelah beberapa jam meluncur menuju slot orbitnya karena gagal dalam tahapan Briz-M.

BACA JUGA:   Pesta Narkoba di Kamar Hotel, Tiga Warga Anambas Diamankan Satnarkoba Polres Anambas

Briz-M merupakan tahapan pelepasan tangki bahan bakar diikuti relokasi instrument pengarahan dari komando pusat dalam rangka menghindari goncangan ketika tangki tambahan propellant dilepas.(emr)

sumber: medcom.id
foto: ilustrasi