banner 728x90

Jelang Lebaran, Pemkab Karimun Gelar Gerakan Pangan Murah Serentak Seluruh Indonesia

Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka stabilitas pasokan dan harga pangan serta Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan Idul Fitri Tahun 2024, di Gor Badang Perkasa pada Senin (1/04/2024) pagi.

AriraNews.com, Karimun – Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka stabilitas pasokan dan harga pangan serta Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan Idul Fitri Tahun 2024, di Gor Badang Perkasa pada Senin (1/04/2024) pagi.

Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

“Hari ini, kita bersama Pemerintah Provinsi melaksanakan gerakan pangan murah yang kita awali dengan mengikuti paparan dari pusat melalui virtual, baik dari para Menteri dan lainnya. Kita berharap dapat membantu masyarakat untuk belanja barang pokok yang dibutuhkan. Pasar murah ini, sudah kita lakukan berapa kali, besok  kita dilaksanakan di Moro,” ujar Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda dan Masyarakat Karimun Deklarasi Dukung Muhammad Rudi di Pilgub Kepri

Sementara, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Sukriyanto Jaya Putra mengatakan, bahwa Gerakan Pangan Murah ( GPM ) ini serentak dilaksanakan di 38 Provinsi dan 514 Kabupaten dan Kota seluruh indonesia, dengan tujuan untuk menekan laju inflasi dan stabilisasi harga pangan selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 H/2024.

“Dengan Gerakan Pangan Murah ini semoga dapat mencegah kelangkaan bahan pokok, serta menjaga stabilitas harga di pasaran dan pangan murah bisa dirasakan manfaatnya secara luas oleh masyarakat,” ujar Sukri.

BACA JUGA:   Ratusan Personel Polda Kepri dan Prajurit Korem 033 WP Jalani Pendidikan Gabungan

Salah seorang pembeli bernama Zubaidah mengaku terbantu dengan adanya pasar murah tersebut. Dirinya berharap pasar murah ini terus dilakukan sehingga dapat mengurangi beban masyarakat.

“Lumayan jugalah, seperti beras di pasaran 60 di sini 53 dapat untung 7 ribu, begitupun dengan yang lainnya juga dibawa harga pasaran,” ujar Zubaidah yang merupakan warga pongkar.

BACA JUGA:   Percepatan Pengembangan Bandara RHA Karimun Masuk Dalam RPerpres dan PSN

Pasar murah ini menjual harga kebutuhan pokok di bawah harga yang ada di pasaran. Untuk harga beras per 5 kg dijual Rp 53 ribu , telor perpapan Rp 50 ribu, gula perkilo Rp 15 ribu, minyak 1 liter Rp 14 ribu, daging Rp 85 ribu, cabe Padang segar Rp 60 ribu per kilogram dan cabe rawit Rp 60 ribu per kilogram.(nki)