banner 728x90

Batam Wonderfood and Art Ramadan Digelar Sebulan, Banyak Lomba dan Atraksi Menarik

Dang Anom, Batam. Salah satu tempat penyelenggaraan Batam Wonderfood and Art Ramadhan (BWR&A) tahun 2024.

AriraNews.com, Batam – Untuk memeriahkan bulan Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi sekaligus membangkitkan semangat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batam, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam kembali menggelar event Batam Wonderfood and Art Ramadhan (BWR&A). Event ini merupakan tahun kelima digelar sejak 2020 lalu.

Kepala Disbudpar. Kota Batam, Ardiwinata menyampaikan gelaran BWR&A tahun ini mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenpar RI)  karena event ini sebagai salah  satu event unggulan yang terpilih masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

“Alhamdulillah, sejak dilaksanakan pertama kalinya ditahun 2020 lalu secara terus-menerus, pada tahun ini BWR&A ditetapkan sebagai satu dari 110 event unggulan seluruh Indonesia yang masuk dalam KEN 2024,” ujar Ardi.

BACA JUGA:   Komitmen Aston Batam Hotel terhadap Pelayanan Berkualitas: Karyawan Mendapatkan Sertifikasi Kompetensi dari BNSP

Masih tetap dengan mengusung tema lama “Jom Balek Kampong,” BWR&A akan digelar selama kurang lebih satu bulan sepanjang Ramadan. Pembukaannya dilaksanakan pada 9/03/2024 mendatang hingga 30/3/2024. Berbeda dari tahun sebelumnya, BWR&A #05 kali ini akan berlangsung didua lokasi, yakni di Taman Dang Anom Batam sebagaimana lokasi pelaksanaan tahun sebelumnya serta di Pollux Habibie Batam.

“Dengan dilaksanakannya di dua lokasi berbeda, BWR&A #05 diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Kota Batam Batam serta memberikan kesempatan para UMKM Kota Batam menjajakan produknya khusunya kuliner,” sebut Ardi.

BACA JUGA:   Pergerakan Penumpang Udara ke Batam Meningkat, Sinyal Positif Pertumbuhan Ekonomi Batam

Tak hanya menawarkan pilihan ragam kuliner khas Melayu hingga kekinian, pengunjung BWR&A #05 juga akan disuguhi dengan berbagai atraksi nuansa islami dan lomba yang menarik setiap harinya. Di antaranya Pekan Ramadan Batam International Islamic Expo, Khataman Alquran, Musik Religi, Tarian, Mendongeng, Traktir Sahabat Yatim, Membatik dan PKK Got Talent.

Event BWR&A #05 ini juga sebagai upaya mendukung program Visit Batam Indonesia 2024 (VBI 2024) agar dapat mencapai target jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batam. Walikota Batam, H. Muhammad Rudi menargetkan jumlah angka kunjungan wisatawan sebanyak 2 juta kunjungan pada tahun 2024.

BACA JUGA:   Kepala BP Batam Padukan Perencanaan BP Batam dengan Pemerintah Daerah

“Selain itu, event ini diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi pilihan selama liburan di Batam pada bulan Ramadan. Perputaran ekonomi juga lebih meningkat melalui kegiatan ini,” imbuhnya.

Bagi pengunjung Batam Wonderfood & Art Ramadan yang ingin menunaikan ibadah salat Maghrib, Isya dan Tarawih, panitia juga telah menyiapkan musala dan sarana air bersih untuk berwudhu di lokasi. 

“Ayo masyarakat Batam sekitarnya, ajak keluarga, teman dan rekan kerja berbuka puasa di Dang Anom. Banyak pilihan menu kuliner untuk berbuka, tempatnya juga  spot-spot foto yang menarik untuk diabadikan sambil disuguhi atraksi menarik dan ibadah pun tidak terganggu,” tutupnya. (ara)