Beredar Bocoran Generasi Terbaru Toyota Avanza 2022, Berubah Total dari Sebelumnya

AriraNews.com, OTOMOTIF – Beredar kabar di dunia maya, akhir tahun 2021 Toyota akan meluncurkan generasi Toyota Avanza 2022 terbaru pada awal November 2021. Berbeda dengan model yang masih dijual saat ini, Toyota Avanza 2022 terbaru akan berubah total di berbagai sisi, yakni sektor teknis dan desain eksteriornya.

Dikutip dari situs autofun.co.id, generasi Toyota Avanza terbaru dikabarkan akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang sudah diadopsi di Toyota Raize dan Daihatsu Rocky saat ini. Karena itu, salah satu ubahan terbesar pada MPV terpopuler ini yakni sistem penggerak Toyota Avanza akan menjadi penggerak roda depan alias front wheel drive (FWD).

Di salah satu forum diskusi otomotif di dunia maya, soal platform yang digunakan pada Toyota Avanza 2022 dan saudara kembarnya Daihatsu Xenia 2022 bahkan sudah dibicarakan penggunaan kode modelnya yaitu W100 dan W101. Hal ini merujuk pada data ekspor-impor komponen dan prototipe mobil yang terjadi antara Daihatsu di Indonesia dan Jepang. Meski belum dapat dipastikan sepenuhnya bahwa unit prototipe yang dikirimkan akan menjadi pasangan Avanza dan Xenia baru, namun setidaknya dapat diketahui bahwa akan hadir  generasi LMPV baru di Tanah Air.  

BACA JUGA:   Kepolisian Diminta Usut Penganiaya Pekerja Proyek Renggali Risidence Tembesi Sagulung

Masih dari sumber yang sama, generasi baru LMPV ini dikabarkan akan tetap menggunakan mesin berkode 2NR dengan kapasitas 1.500 cc. Yang menarik, transmisi yang digunakan salah satunya adalah otomatis CVT, dan transmisi manual 5-speed kemungkinan tetap akan dipertahankan. 

Saat ini ada dua opsi mesin 2NR yaitu mesin 2NR-VE dual VVT-i 1,5 liter yang digunakan Toyota Veloz atau mesin 2NR-FE dual VVT-i 1,5 liter yang digunakan oleh Toyota Sienta. Jika melihat kemungkinan sistem penggerak yang digunakan Toyota Avanza 2022 ini adalah FWD, bisa jadi mesin yang kedua yang akan digunakan pada mobil baru ini.

BACA JUGA:   APBD Tahun 2022 : Amsakar Pastikan Anggaran Pendidikan dan Kesehatan Sesuai Amanat Undang-undang

Dimensi Lebih Besar

Kemungkinan besar model terbaru ini bakal lebih panjang dibanding model sekarang yang hanya 4,1 meter. Bukan hanya sektor teknis, desain eksteriornya juga menjadi salah satu ubahan utama pada Toyota Avanza 2022 generasi terbaru ini. Desainnya diprediksi akan mirip dengan Daihatsu DN Multisix, sebuah mobil konsep yang pernah dipamerkan di GIIAS 2017 dan Tokyo Motor Show 2017.

BACA JUGA:   Pencemaran Limbah Minyak di Pulau Air dan Pulau Labu, DPRD Batam Panggil Pimpinan PT Marcopolo Shipyard

Tentunya tampilan versi produksi ini tidak sama persis dengan versi konsepnya, salah satunya wajahnya yang lebih Toyota dengan bahasa desain Keen Look, secara spesifiknya akan mirip dengan SUV Raize dan RAV4. Lalu, bagian sampingnya sekilas mirip dengan DN Multisix, namun dibuat sedikit lebih sleek yang memberikan kesan dinamis. Menariknya, jendela di pilar C akan dibuat seolah-olah menyambung dengan jendela belakang.

Sosok rekaan Toyota Avanza 2022 hasil olah digital @bagasatriakbar

Sedangkan di bagian belakang, kemungkinan besar bakal dibuat mirip dengan saudara SUV-nya yakni Toyota Rush, dan lampunya akan berubah posisi menjadi horizontal dibanding sekarang yang masih vertikal. Intinya, desain Avanza terbaru akan tampil jauh lebih besar dan gagah khas SUV, meski ia tetaplah sebuah Low MPV.(***)