banner 728x90

Usia di Atas 35 Tahun, Indra Perasa Hilang, Ciri-ciri Tertular Corona

Ariranews.com: Peneliti di Office for National Statistics (ONS) mengungkap gejala umum yang paling sering dilaporkan orang-orang yang dites positif terinfeksi virus Corona, yaitu hilangnya kemampuan indra penciuman atau perasa yang disebut anosmia. Bukan batuk kering seperti gejala khas virus Corona.

Sebanyak 20-50 persen pasien Covid-19 yang berusia di lebih dari 35 tahun mengalami anosmia. Sementara itu, 15-25 persen mengalami demam, dan 13-18 persen lainnya mengalami batuk.

BACA JUGA:   Bea Cukai Batam Gagalkan Penyelundupan 10.810 Batang Kayu Teki

Perbandingan ini terlihat lebih mencolok pada pasien Covid-19 yang berusia di bawah 35 tahun. Sebanyak 60 persen mengalami anosmia, 15-25 persen demam, dan kurang dari 10 persen mengalami batuk.

Berdasarkan data pada 15 Agustus hingga 26 Oktober, jumlah pasien yang positif Covid-19 dengan gejala kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa ini meningkat paling banyak di semua kalangan umum.

BACA JUGA:   Tinjau Command Center, Kapolri Pastikan Pengamanan KTT G-20

“Orang yang dites positif umumnya lebih cenderung memiliki gejala kehilangan rasa atau bau, dan demam,” tulis laporan penelitian tersebut yang dikutip dari Mirror UK, Rabu (25/11/2020).

Pada pasien anak-anak, hanya sebagian kecil yang mengalami gejala batuk. Ini menunjukkan batuk menjadi gejala yang kurang spesifik untuk Covid-19 pada anak usia sekolah.

“Tingkat anak-anak usia sekolah yang positif Covid-19 dan mengalami gejala batuk tetap rendah selama periode tersebut (saat ini sekitar 5 persen). Sementara untuk mereka yang berusia lebih atau kurang dari 35 tahun yang mengalami gejala batuk, hanya meningkat sebesar 10-15 persen,”

BACA JUGA:   Gencar Informasikan Progres Pembangunan Batam, Kepala BP Batam Raih Anugerah di The 1st IDEAS 2022

Bahkan sepertiga anak-anak yang dites positif Covid-19 tidak mengalami satu dari 20 gejala Corona yang dialami orang dewasa. Ini artinya banyak dari mereka yang memang tidak menunjukkan gejala.(emr)

Sumber: detik
Foto: ilustrasi