banner 728x90

Petugas Berhasil Jinakkan Api yang Bakar Hutan Bandara Hang Nadim

Ariranews.com, Batam: Petugas gabungan berhasil melokalisir dan memadamkan kebakaran yang melanda hutan kawasan Bandara Hang Nadim Batam, Senin (22/2/2021) siang.

“Api sudah padam, tinggal pendinginan, menyemprot bara-bara yang dikhawatirkan hidup kembali,” ungkap Wilem Sumanto, Kasi Patroli dan Pengamanan Hutan Ditpam BP Batam, menjelang Magrib.

Diberitakan sebelumnya hutan kawasan Bandara Hang Nadim terbakar, Senin (22/2/2021) sekitar pukul 11.00 WIB. Petugas berjibaku memadamkan api. Pasalnya, dikhawatirkan akan menggangu keamanan penerbangan. Selain itu kebakaran juga mengancam Depot Pertamina Avtur Bandara.

“Saat ini api masih berkobar,” ungkap
Wilem Sumanto, Kasi Patroli dan Pengamanan Hutan Ditpam BP Batam, Senin, sekitar pukul 14.15 WIB.

BACA JUGA:   Kapolri Buka Suara soal Bentrok Warga dan Aparat di Rempang

“Saat ini kami di dalam hutan sedang melakukan pemadaman agar tidak meluas,” ujarnya.

Dia mengungkapkan api terus berkobar. Pasalnya, angin bertiup kencang dan banyaknya daun kayu kering membuat api sulit dikendalikan.

Saat ini petugas pemadam kebakaran baik dari BP Batam, Pemko Batam, dan dibantu  aparat lainnya terus berusaha menjinakkan api. Apalagi api mendekat ke arah Depot Pertamina Avtur Bandara.

“Depot Pertamina kira kira 100 meter lagi, namun kami sedang berupaya melakukan pembatasan khususnya yang ke arah Pertamina. Anginnya culup kuat, api cepat membesar,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Rooftop Dinner Malam Tahun Baru Imlek, BWP Panbil Sajikan Puluhan Menu Khas Pergantian Tahun Cina

Dia juga mengatakan api setidaknya sudah menghanguskan sekitar tiga hektare hutan Bandara. “Bisa jadi lebih karena api hingga saat ini belum padam meskipun upaya pemadaman terus dilakukan,” ungkapnya.

Sementara sejauh ini kebakaran yang terjadi belum mengganggu penerbangan di Bandara Hang Nadim.

“Kejadian terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Tim pemadam sudah di lokasi,” ungkap GM Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Bandara Hang Nadim Batam, Benny Syahroni, saat dikonfirmasi Senin, siang.

BACA JUGA:   Ansar: Pasien BPJS dan Non BPJS Harus Dapat Layanan yang Sama

Dikatakan Benny lokasi kejadian jauh dari runway bandara. “Lokasi berada di line side (sisi darat),” ungkapnya lagi.

Sejauh ini kata Benny kebakaran hutan tersebut belum mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam.

“Sejauh ini tak mengganggu, masih aman, namun kita terus berkoordinasi dengan Avsec dan Ditpam yang menangani kebakaran,” kata Benny.

Sejauh ini dia pun belum mengetahui seberapa luas hutan yang terbakar. “Kalau penyebabnya kita belum mengetahuinya,” kata Benny.(emr)