banner 728x90

Mal Masih Sepi

Ariranews.com: “Masih sepi ya, biasanya cari parkir mobil susah. Lihat, kosong,” ujar Dede, pada Ariranews.com saat berkunjung ke Mega Mall, Batamcentre, Batam, Rabu (18/11/2020) siang.

Memang semenjak Covid-19 merebak di Indonesia ditambah ditutupnya akses keluar masuk Singapura dan Malaysia, mal-mal di Batam langsung sepi pengunjung. Sampai saat ini kondisinya belum sepenuhnya pulih.

Saat Ariranews.com berkunjung ke salah satu mal terbesar di Batam tersebut suasana di dalam mal masih terlihat sepi.

BACA JUGA:   Bike Fest 2023 HDCI Kepri, Taba Iskandar: Santuni Panti Asuhan hingga Bagikan Ratusan Bingkisan Sembako Pada Masyarakat

Tak banyak pengunjung mal yang lalu lalang. Di salah satu area bermain juga terlihat sepi pengunjung. Meski sebelum masuk diterapkan protokol kesehatan.

Bila melihat data BPS Kota Batam pada tahun 2019, angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kota Batam sepanjang 2019 tercatat sebanyak 1.947.943 kunjungan. Artinya sehari jumlah wisman yang masuk ke Batam mencapai 5300 orang.

BACA JUGA:   Nuryanto Terima Kunjungan Kanwil Kemenkumham Kepri, Bangun Sinergitas untuk Hasilkan Perda Berkualitas

Jumlah itu naik 3,21 persen dibanding tahun 2018 sebanyak 1.887.284 kunjungan wisman.

Jumlah kunjungan wisman ke Batam sepanjang 2019 lalu berkontribusi besar terhadap angka kunjungan wisman ke Provinsi Kepulauan Riau. Andilnya mencapai 67,99 persen dari total kunjungan wisman ke Kepri sebanyak 2.864.795 kunjungan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, wisman yang masuk melalui pintu internasional Kota Batam masih didominasi warga negara Singapura. Persentasenya mencapai 54,20 persen dari total wisman periode Januari-Desember 2019.

BACA JUGA:   Pekerja yang Belum Terima THR Bisa Mengadu ke Sini, Catat Nomor WA-nya

Posisi kedua masih dipegang warga kebangsaan Malaysia, 11,26 persen. Selanjutnya wisman India, China, Filipina, Korea Selatan, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan Australia.(emr/**)