banner 728x90

Jokowi Masuk Daftar Muslim Paling Berpengaruh di Dunia


Ariranews.com: Tiga orang Indonesia  masuk The Top 50 daftar muslim paling berpengaruh di dunia.

Adapun tiga orang Indonesia yang masuk 50 besar ialah Presiden Joko Widodo (Jokowi)Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, dan ulama/anggota Wantimpres Habib Luthfi bin Yahya. Sedangkan nama paling atas adalah adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

BACA JUGA:   Komisi III DPRD Batam Datangi Lokasi Reklamasi Lahan di Kampung Belian, Alat Berat Menghilang

Dilansir dari detik.com, Selasa (15/12/2020), dalam situs resmi The Muslim 500, Erdogan menempati urutan pertama pada 2021 dan menyalip Raja Salman bin Abdulaziz (Raja Arab Saudi).

Pada 2020, Erdogan berada di peringkat ke-6, sedangkan Raja Salman berada pada posisi ke-4. Adapun sosok yang tahun lalu menempati posisi nomor satu adalah pemimpin Deobandi Sheikh Muhammad Taqi Usmani, kini berada di posisi ke-5.

BACA JUGA:   Emak-Emak Kreatif Pendukung Mak Suryani

Sementara Presiden Jokowi menempati urutan ke-12. Pada tahun sebelumnya, Jokowi ada di peringkat ke-13. Sementara Said Aqil berada di posisi ke-18 dan Habib Lutfi berada di peringkat ke-32.


Daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2021 diterbitkan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, bermarkas di Amman, Yordania.

BACA JUGA:   Vaksinasi untuk Remaja Dimulai, Rudi : Upaya Kita Cegah Penyebaran Covid-19 Pada Anak

RISSC merumuskan bahwa muslim berpengaruh adalah muslim yang menimbulkan dampak terhadap dunia muslim. Dampak ini bisa positif atau negatif, tergantung sudut pandang yang digunakan.(emr)

foto: istimewa