banner 728x90

Banyak Tak Sadar, Besok Gerhana Matahari Total

Dunia: Hari-hari belakangan kita disibukkan berita-berita kehebohan politik di dalam negeri. Tapi kita tak sadar, besok, Senin (14/12/2020), terjadi fenomena alam langka, Gerhana Matahari Total.

Gerhana Matahari Total bakal melewati sejumlah negara di Amerika Selatan. Menurut laman Space, fenomena tersebut bakal dimulai dari Samudra Pasifik, kemudian menuju Saavedra, Chili.

Momen Bulan mulai ‘menabrak’ Matahari mulai terjadi pada pukul 9.38 waktu setempat. Bulan bakal benar-benar menutupi Sang Surya di Saavedra pukul 11.00 selama 2 menit 4 detik.

BACA JUGA:   Rivan Purwantono: Jasa Raharja Harap Pemudik Arus Balik Setertib Arus Mudik

Fase total gerhana ini bakal terlihat di beberapa bagian di Chili dan Argentina dengan jalur totalitas selebar 56 mil atau setara dengan 90 kilometer. Tempat terakhir untuk melihat Gerhana Total adalah Salina del Eje, Argentina, di mana berakhir pada pukul 11:25 waktu setempat.

Di luar dua negara tadi, sebagian besar Amerika Selatan dan benua Antartika. Selain itu beberapa wilayah Afrika Selatan, seperti Cape Town, bakal bisa menyaksikan gerhana parsial.

BACA JUGA:   Tim INSANI Bantah Bagi-bagi Uang, Uba: Itu Acara Bimtek Internal

Fenomena yang mungkin akan terulang ratusan tahun lagi di lokasi yang sama tentu tidak boleh dilewatkan. Walau pun kita yang di Indonesia tidak dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total kali ini secara langsung jangan lantas berkecil hati.

Sebab kamu bisa melihat momen Bulan menutupi Matahari lewat live streaming di YouTube. Catat! live streaming bisa dilihat mulai pukul 21.30 WIB.(emr)

BACA JUGA:   Bea Cukai Batam Amankan 488 Ribu Batang Rokok Ilegal di Perairan Barelang Batam

sumber: detik.com
foto ilustrasi