banner 728x90
Batam  

Jelang Idul Adha, Tempat Penjualan Hewan Kurban di Batam Mulai Marak

Lokasi pedagang hewan kurban di Batamcenter.

AriraNews.com, Batam – Jelang Idul Adha, tempat-tempat penjualan hewan kurban di Batam mulai terlihat. Salah satunya di daerah Batamcenter. Bahkan Rizal, pemilik kandang mengaku sudah berhasil menjual ratusan ekor hewan kurban, sapi dan kambing.

“Sudah terjual 250 ekor,” katanya, Sabtu (11/5/2024).

Hewan kurban yang sudah terjual kata Rizal, di tempatkan di kandang di daerah Sembulang untuk digemukan.

BACA JUGA:   BP Batam Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan Pelni

“Hewan yang sudah dipesan kami bawa ke kandang di Sembulang untuk proses penggemukan,” kata Rijal.

Tak hanya itu, seluruh hewan kurban sudah menjalani pemeriksaan kesehatan. Hal ini sebagai upaya untuk mengantisipasi hewan kurban yang dijualnya terjangkit penyakit, pihaknya terus melakukan pencegahan salah satunya dengan menjaga kebersihan kandang sapi.

Harga sapi dijual mulai dari harga Rp 22 juta. Jenis sapi yang tersedia di antaranya sapi Bali, Peranakan Ongole (PO), smental, lokal, hingga Limosin.

BACA JUGA:   Wagub Marlin Bagikan Bonus Kafilah Kepri di STQH Maluku

Secara rinci Rizal menjelaskan untuk harga sapi bervariasi tergantung pada bobot sapi yang dibeli. Untuk sapi super yang memiliki bobot 360 kilogram ke atas dijual Rp32 juta ke atas, bobot sapi 310-350 kilogram dijual Rp20 juta ke atas, ada juga sapi dengan bobot 200 kilogram dijual Rp22 juta ke atas.

BACA JUGA:   HMR & Marlin Resmikan TPQ Al-Mutaqqin: Pendidikan Agama jadi Pencerah di Era Modern

“Ada juga yang jenis OP dengan bobot 800 kg harga Rp110 juta,” ujarnya.

Rizal menambahkan untuk hewan kurban jenis kambing dijual mulai dari Rp3 juta. Saat ini untuk jenis hewan kurban tersedia dalam jumlah banyak. Untuk di kandang Batamcenter ini lebih kurang ada 1.200 kambing.(oma)