Buka Batam-Johor Tourism Expo, Rudi: Sesama Negeri Serumpun Wajib Saling Promosi

AriraNews.com, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membuka pameran promosi wisata antara Batam dan johor Malaysia, Jumat (1/7/2022) malam. Pameran pariwisata dan kesehatan modern Johor, Malaysia, tersebut akan berlangsung selama tiga hari, 1 hingga 3 Juli 2022.

Pameran tersebut diikuti puluhan pengusaha pariwisata dan kesehatan Johor Bahru, Malaysia. Pameran yang dimotori oleh Asosiasi Pariwisata Bahari Indonesia (ASPABRI) Kepri dan Tourism Johor ini akan memperkenalkan lebih dekat tempat-tempat wisata dan dunia kesehatan modern yang ada di Negeri Jiran itu. Ini merupakan pameran pariwisata pertama yang lakukan Tourism Johor di Batam.

Adapun tempat-tempat wisata dan Arena Permainan Keluarga yang ikut dalam pameran ini antara lain; Lego Land, Galeri Aura Islam, Hello Kitty, Four Points, Thistle, Colombia Asia Hospital, Regency Specialist Hoapital, Holiday Inn Express and Suites serta banyak lagi lainnya.

Waki Kota Batam, Muhammad Rudi meninjau stand di Johor Expo yang digelar di Nagoya Hll Batam.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan dengan saling berpromosi antara Batam dan Johor, diharapkan angka kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) asal Johor bisa meningkat. Hal ini seiring dengan dibukanya pintu masuk, serta penambahan jadwal pelayaran Batam- Johor.

“Kita ini Negeri Serumpun, Wajib saling mempromosikan, saya juga akan mempromosikan Batam, saat ini maju, berbeda dengan Batam 5 atau 10 tahun yang lalu,” ucap Rudi.

BACA JUGA:   Kejaksaan Tinggi Kepri Awasi Proyek Strategis di BP Batam

Rudi menyebutkan selama dua bulan terakhir masyarakat kembali bisa menikmati perjalanan ke luar Batam melalui pelabuhan internasional. Meskipun jumlah wisman yang masuk masih belum normal, dengan normalnya jadwal pelayaran diharapkan bisa mendongkrak angka kunjungan hingga akhir tahun ini.

“Pariwisata menjadi salah satu penyumbang PAD dalam membangun Kota Batam. Untuk itu angka kunjungan ini diharapkan bisa terus menunjukkan tren positif,” kata Rudi

Muhammad Rudi yang juga sebagai Kepala BP Batam ini melanjutkan, beberapa permasalahan warga Batam kerap terjadi, terutama di bagian imigrasi Johor. Ke depan agar pariwisata kedua daerah bisa meningkat, masalah ini bisa dibicarakan bersama.

“Jika di Johor bagus, maka di Batam juga harus bagus. Sambil berjalannya waktu, jika nanti ada masalah akan kita dudukkan bersama dan carikan solusi termasuk di imigrasi nantinya,” sebut politisi Nasdem ini.

Pengurus Jawatan Pelancong , Alam Sekitar, dan Warisan Budaya Negeri Johor, Raven Khumar mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Batam yang sudah memberikan kesempatan untuk berpromosi.

Raven Khumar menyebutkan, hampir semua tempat dan destinasi wisata yang ada di Malaysia hadir dalam acara promosi Johor-Batam. Baginya Ini merupakan kerja sama yang baik, dari segi pariwisata maupun kesehatan. Selama ini baik Batam maupun Johor menutup pintu masuk dan keluar akibat Pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   Batam Finalis Smart City Asia Pasific Award, Vote Disini

“Saya baru pertama kali ke Batam, akan tetapi saya melihat Batam merupakan kota yang istimewa,” ucap Raven Khumar.

Namun sekarang, lanjut Khumar, kondisi sudah membaik di Batam, maupun di Johor, meskipun belum kembali normal seperti saat sebelum pandemi covid-19, akan tetapi saat ini sudah mulai terlihat antrean wisman di pelabuhan. Ia mengharapkan ke depan ada keuntungan bagi Batam dan Johor terutama dari segi pariwisata, dan juga kesehatan tentunya.

Pemerintah Johor ingin menunjukkan komitmen, masih menurut Raven Khumar, demi membangkitkan kembali sektor pariwisata serta kunjungan warga Batam untuk berwisata baik wisata pelesiran maupun wisata kesehatan, hal tersebut sangat dinantikan di Johor.

“Johor serius dengan promosi kedua negara. Ada banyak hal yang didapatkan dari promosi ini, dengan adanya acara seperti ini,  persahabatan dan kerjasama bisa lebih erat. Hari ini sudah dibuka bebas, kedatangan kapal tidak lagi di tanggal ganjil, sudah dibuka menyeluruh,” jelas Raven Khumar.

BACA JUGA:   Ahli Paparkan Pentingnya Peran Forensik dalam Penegakan Hukum

Acara Batam-Johor Tourism dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 1 – 3 Juli 2022. Pembukaan acara juga dihadiri acara pembukaan dihadiri Ketua Aspabri Kepri, Surya Wijaya, Pengurusi Jawatan Kuasa Kesihatan dan Perpaduan Negri Johor, Lian Tian Soon.

Ketua Aspabri Kepri Surya Wijaya mengatakan, sebuah perjuangan untuk mempromosikan pariwisata Batam, dan diapresiasi oleh tim Johor Tourism, kita menyampaikan, bahwa Batam merupakan kota yang cocok untuk melakukan promosi.

“Sebagai kota Mice, pariwisata Batam sangat bisa bangkit kembali pasca pandemi covid-19, hari mereka yang mempromosikan wisatanya di sini, di lain waktu kita akan promosikan Batam secara luas di Johor, makanya besar harapan kami agar acara ini bisa sukses, mereka merasa puas berpromosi di Batam,” jelas Surya Wijaya.

Surya menambahkan, selain promosi dari Johor Malaysia, sejumlah stan pameran juga diisi oleh para pelaku UMKM Batam.

“Para pelaku usaha di Batam juga kita libatkan di sini, mereka bisa mempromosikan produknya, selain itu pelaku usaha yang di Nagoya Hill juga merasakan dampak positifnya, belum lagi tingkat hunian hotel, pastinya sangat berpengaruh,” tutup Surya Wijaya.(***/emr)