Logo HUT Kepri Tuai Kecaman, Kabiro Humas Pemprov: Tahun Depan Kita Sayembarakan

AriraNews.com, BATAM – Kepala Biro Humas, Protokol dan Penghubung Pemprov Kepri, Hasan membantah desain logo HUT Kepri ke-19 hasil dari plagiat. Namun, ungkapnya desain tersebut memang referensinya dari hasil penelusuran di internet.

“Memang sumbernya kita lihat dari google. Namun, tidak diambil begitu saja,” katanya, Jumat (17/9/2021).

Dikatakan Hasan, logo tersebut dibuat oleh tim di kehumasan Pemprov Kepri dalam menyambut HUT Provinsi Kepri yang ke-19 yang jatuh pada 24 September mendatang.

Logo tersebut kata Hasan, mempresentasikan Provinsi Kepri, yang sebagian besar wilayahnya merupakan lautan, serta representasi dari visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, yakni Terwujudnya Kepulauan Riau yang Makmur, Berdaya Saing, dan Berbudaya.

Filosofi logo yakni tanjak merupakan penutup kepala kebesaran Melayu, kapal layar merupakan ciri khas dari negeri kepulauan, angka 19 berwarna merah muda melambangkan keharmonisan dan kerukunan.

Sedangkan maknanya adalah mendeskripsikan nilai-nilai semangat gotong royong semua lini kehidupan di Provinsi Kepulauan Riau untuk terus bergerak aktif melakukan tindakan pencegahan di masa pandemi Covid-19 sehingga mampu mewujudkan tujuan
kehidupan Provinsi Kepulauan Riau yang sehat dan terus maju.

BACA JUGA:   Gerai Vaksin di Mapolresta Barelang Buka Tiap Hari, Bisa untuk Penyuntikan Dosis Pertama atau Kedua

Adanya kritik terhadap logo tersebut pihaknya tak mempersalahkan. Hal tersebut menandakan kepedulian masyarakat dalam membangun Provinsi Kepri ini.

Memang kata Hasan, tak seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam membuat logo HUT Kepri diperlombakan. Tujuannya membangkitkan semangat dan mendukung kreatifitas anak negeri. Tapi dua tahun belakangan ini akibat pandemi Covid-19 anggaran Pemprov Kepri tak bisa mengadakan sayembara logo HUT Kepri tersebut.

“Sudah dua tahun ini, 2020 dan 2021 tak dianggarkan, apalagi ada refocusing anggaran sangat terbatas. Tahun depan (2022) kita sayembarakan,” katanya.(emr)

VISI DAN MISI PROVINSI KEPULAUAN RIAU
I. VISI
Terwujudnya Kepulauan Riau yang Makmur, Berdaya Saing dan Berbudaya
 Makmur artinya Kehidupan masyarakat Kepulauan Riau yang layak, dan
sejahtera.
 Berdaya Saing artinya Terwujudnya masyarakat yang sehat, birokrasi
pemerintahan dan dunia usaha yang mampu bersaing dan unggul di tingkat
regional dan internasional.
 Berbudaya artinya Terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan, kegiatan
pembangunan dan aktivitas masyarakat Kepulauan Riau yang berpegang
pada nilai nilai agama, budaya Melayu dan budaya Nasional.


II. MISI

  1. 1.Percepatan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Maritim, Berwawasan Lingkungan dan Keunggulan Wilayah Untuk Peningkatan
    Kemakmuran Masyarakat.
  2. 2.Melaksanakan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih, Terbuka, dan Berorientasi Pelayanan.
  3. 3.Mewujudkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Sehat, dan Berdaya Saing dengan Berbasiskan Iman dan Takwa.
  4. 4.Mengembangkan dan Melestarikan Budaya Melayu dan Nasional dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan.
  5. 5.Mempercepat Konektivitas Antar Pulau dan Pembangunan Infrastruktur Kawasan.

I. Logo Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepulauan Riau

II. Tema Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepulauan Riau
“Kepri Sehat, Kepri Maju, Kesehatan Pulih, Ekonomi
Bangkit”

BACA JUGA:   BP Batam Bersama PIKORI Gelar Vaksinasi Massal, Begini Cara Daftar Online

III. Filosofi dan Makna Logo

  1. Tanjak merupakan penutup kepala kebesaran Melayu berwarna kuning merupakan warna khas melayu diletakkan diatas sesuai dengan fungsinya.
  2. Kapal layar merupakan ciri khas dari negeri kepulauan berwarna kuning biru dan hijau yg melambangkan kebersaman, bersatu padu dan kesejahteraan.
  3. Angka 19 berwarna merah muda melambangkan keharmonisan dan kerukunan, keceriaan masyarakat selama 19 tahun terbentuknya Provinsi Kepulauan Riau.
    IV Filosofi dan Makna Tema
    A. Filosofi
    SEHAT
    Kondisi seorang individu maupun kondisi lingkungan sekitar yang melakukan pergerakan atau aktifitas tanpa memliki hambatan atau masalah untuk mencapai
    tujuan yang telah di tetapkan. Hal ini merupakan dasar yang di perlukan di dalam kehidupan.
    MAJU
    Mendeskripsikan pergerakan seorang individua taupun kegiatan social yang terus berjalan ke depan, dimana bertujuan untuk mencapai titik atau tingkat yang
    lebih tinggi dari sebelumnya.
    B. Makna
    Mendeskripsikan Nilai-Nilai Semangat Gotong Royong Semua Lini Kehidupan Di Provinsi Kepulauan Riau Untuk Terus Bergerak Aktif Melakukan Tindakan Pencegahan Di Masa Pandemi Covid-19 Sehingga Mampu Mewujudkan Tujuan Kehidupan Provinsi Kepulauan Yang Sehat Dan Terus Maju.
    (emr)
BACA JUGA:   Harga Logo HUT Kepri Diduga hanya 4,99 Dolar Singapura dan Diduga Tiru Logo Komunitas Layar