banner 728x90

Tenaga Kesehatan Harus Proaktif Mendaftarkan Diri Untuk Divaksin

Ariranews.com: Program vaksinasi Covid-19 telah dimulai, ditandai dengan Presiden Jokowi disuntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac, Rabu (13/1/2021) siang.

Program vaksinasi Covid-19 untuk tahap awal, ditujukan khusus kepada tenaga kesehatan dan termasuk tenaga penunjang yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan. Vaksin Covid-19 tahap awal juga akan diberikan kepada sebagian tenaga pelayanan publik yang rawan terpapar Covid-19.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu pemerintah menghadapi pandemi Covid-19. Aplikasi multi fungsi ini juga mencakup informasi mengenai program vaksinasi Covid-19.

Dilansir detikINET, Rabu (13/1/2021) ada sejumlah panduan untuk mengecek jadwal vaksinasi. Jika Anda adalah tenaga kesehatan dan kategori yang termasuk prioritas, begini caranya:

BACA JUGA:   Kapolda Kepri Tinjau Vaksinasi Santri Pondok Pesantren


Cara cek vaksinasi pedulilindungi.id

1. Cek SMS Anda

Calon penerima Vaksin COVID-19 akan mendapatkan SMS dari PEDULI COVID untuk diarahkan melakukan registrasi ulang secara elektronik

2. Registrasi ulang

Proses registrasi ulang dilakukan melalui:
• Aplikasi PeduliLindungi
• Web https://pedulilindungi.id
• Melakukan panggilan ke *119#

Klik REGISTRASI ULANG dan masukan nomor ponsel. Anda akan dapat SMS untuk mengonfirmasi nomor ponsel Anda. Tahapannya adalah: Registrasi dan validasi, Konfirmasi, Lokasi dan Jadwal dan terakhir adalah Tiket Vaksin.

3. Proses pengecekan NIK di pedulilindungi.id

Di beranda pedulilindungi.id, cek NIK Anda dalam program vaksinasi COVID-19. Klik PERIKSA dan masukin nama dan nomor NIK. Jika Anda belum terdaftar, maka akan ada tulisan TIDAK TERDAFTAR. Anda pun kemudian bisa mendaftar.

BACA JUGA:   Porprov Kepri, Ila Isniwati Tanjung Atlet Panjat Tebing Batam Raih Medali Emas

4. Pro aktif mendaftar

Bagi tenaga kesehatan atau tenaga penunjang yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan yang belum mendapat SMS atau namanya belum terdaftar saat melakukan cek NIK, silahkan kirim email ke vaksin@pedulilindungi.id

Mohon diperhatikan, judul email adalah “VAKSIN NAKES_NIK Anda” dan dilengkapi data: Nama – NIK – Alamat – No HP – tipe NAKES, dan Lampiran surat keterangan dari Kepala Fasilitas Pelayanan Kesehatan (FASYANKES) tempat Anda bekerja yang menerangkan bahwa Anda adalah NAKES di tempat tersebut.(emr)

BACA JUGA:   Miftachul Akhyar Jadi Ketum MUI, Ma'ruf Amin Gantikan Posisi Din Syamsuddin

sumber: detik.com
foto: bisnis.com