banner 728x90

WC Tempat Wisata Jorok, Luhut Minta Sandiaga Membersihkannya

Ariranews.com: Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menugaskan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk memperbaiki sarana WC umum di tempat wisata, khususnya 5 destinasi wisata prioritas.

Kelima destinasi tersebut adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. Salah satu yang diminta Luhut ke Sandiaga adalah memperbaiki toilet atau WC di tempat-tempat wisata. Tujuannya wisatawan kapok berkunjung cuma karena kualitas toilet yang buruk.

BACA JUGA:   Firli Bahuri: Kontrol Menjauhkan Institusi Politik dari Orang Korup

“Saya minta peningkatan kualitas destinasi pariwisata di 5 destinasi super prioritas, yaitu Menparekraf (Sandiaga) agar meningkatkan alokasi anggaran ke 5 destinasi tersebut,” ujar Luhut dalam potongan video rapat koordinasi yang diunggah Kemenkomarves, dilansir detik.com, Jumat (8/1/2021).

Toilet atau WC umum di tempat wisata memiliki peran penting untuk menentukan kepuasan wisatawan. Sebagus dan seindah apapun tempatnya, jika WC-nya jorok bisa-bisa wisatawan bakal kapok untuk kembali.

BACA JUGA:   PPKM Darurat di Batam, Sejumlah Ruas Jalan Menuju Nongsa Disekat

“Soal-soal kecil, seperti WC itu juga perlu diperbaiki. Jadi orang datang ke spot itu nggak kapok,” tegasnya.

Eks Menparekraf Wishnutama Kusubandio pernah mengungkap permasalahan pariwisata di Indonesia. Menurutnya, masalah kebersihan pariwisata di Indonesia yaitu soal kebersihan toilet yang sangat memprihatinkan.

“Dasar-dasar pariwisata tidak selalu infrastruktur. Tetapi kebersihan, seperti toilet bersih. Gimana kita wisatawan (asing) betah, orang kita saja nggak betah,” katanya saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI dalam teleconference kala itu.(emr)

BACA JUGA:   Dinas Kominfo Lingga Ikuti Rapat Tindak Lanjut Pembangunan 77 Titik BTS di Kepri

sumber: detik.com
foto: istimewa