banner 728x90

Minum Minuman Ini Bisa Bawa ke Masa Lalu

Ariranews.com, Batam: Minuman satu ini dulunya sangat akrab di kalangan buruh, terutama di kawasan Mukakuning, Batam.

Setidaknya tahun 2000 sampai dengan 2010. Di mana tempat-tempat makan di kawasan tersebut masih eksis. Bahkan ramai sepanjang waktu.

Karena belum banyak tempat-tempat makan seperti itu di zaman itu. Ya, kalau mau makan sambil kumpul kawan-kawan ke tempat tersebut.

Ada dua tempat makan yang cukup terkenal di kawasan industri elektronik terbesar di Batam tersebut: Pujasera dan Panasera.

BACA JUGA:   Data Warga Terdampak Pelebaran Jalan Simpang Barelang Masih Amburadul

Namun, seiring waktu, makin banyaknya tempat makan (foodcourt) di daerah lain, tempat makan di kawasan industri tersebut tak seramai dulu lagi.

Bahkan, Pujasera yang tepat berada di belakang Plaza Batamindo saat ini sudah tutup. Beralih fungsi jadi tempat berkumpulnya para pelamar kerja di kawasan tersebut.

Ayo, apa ada yang tau nama minuman di atas? Ya, namanya Soda Gembira.

BACA JUGA:   Puji Market Day Kuliner Nusantara, Wagub Marlin Dorong Berani Jadi Entrepreneur Sejak Dini

Tak diketahui kenapa minuman berwarna merah muda tersebut dinamakan Soda Gembira. Mungkin saja karena warnanya yang cukup cerah dan membuat penikmat nya jadi gembira. Atau karena ketika dituang soda yang dihasilkan sampai meluber ke luar gelas.

Memang minuman tersebut merupakan campuran kental manis dan salah satu minuman bersoda berwarna merah. Sehingga ketika dituang soda minuman sampai meluber ke luar gelas.

BACA JUGA:   BI Perwakilan Kepri, TPID dan TP2DD Natuna Bahas Inflasi Daerah

Minuman itu kini jadi menu salah satu kafe di daerah Batam Center. Dengan nama sama, Soda Gembira.

Jika Anda pernah ke Batam atau Mukakuning dan ingin mengenang masa lalu bisa meraciknya sendiri di rumah. Selamat mencoba! (emr)