Tipu Puluhan Calon Pekerja, Pria Asal Nongsa Diamankan

AriraNews.com, BATAM – Polsek Nongsa mengamankan tersangka penipuan dengan modus lowongan kerja. Dalam menjalankan aksinya tersangka pria berinisial A, tersebut menjanjikan bisa memasukkan calon pekerja ke salah satu perusahaan. Dengan alasan biaya administrasi dia meminta Rp1,5 juta tiap lamarannya.

Kapolsek Nongsa, AKP Yudi Arvian, SIK yang didampingi Kanit Reskrim, Iptu Sofyan Rida, dan Kasi Humas Polresta Barelang, Iptu Tigor Sidabariba, saat jumpa pera di Polsek Nongsa, Sabtu (4/9/2021) lalu, menjelaskan kasus bermula pada pertengahan bulan Juli lalu. Di mana saat itu pelaku yang merupakan warga salah satu perumahan di Nongsa, menawarkan jasa bisa memasukkan kerja kepada lima orang.

BACA JUGA:   Muhammad Rudi Tinjau Vaksinasi di Perusahaan Galangan Kapal PaxOcean

“Per orang diminta Rp1,5 juta. Akan diterima bekerja paling lama tanggal 5 s/d 08 Agustus 2021. Akan tetapi sampai saat ini lowongan pekerjaan yang dijanjikan oleh pelaku kepada korban belum ada. Pada tanggal (24/8/2021) korban kembali menelfon pelaku untuk menanyakan lowongan pekerjaan tersebut dan pelaku mengatakan bahwa lowongan pekerjaan tersebut tidak ada. Akibat dari kejadian tersebut korban dan kawan-kawan merasa dirugikan dan tertipu oleh pelaku,” ungkap Kapolsek Nongsa, AKP Yudi Arvian.

BACA JUGA:   Sambut HUT RI ke-76, bright PLN Batam Gelar Promo Gratis Naik Daya

Setelah menerima laporan korban, penyidik melakukan penyelidikan dan kemudian mengamankan tersangka di Gogo Mart Bengkong.

“Dari hasil pengembangan tersangka sudah menjalankan aksi yang sama sejak  Januari lalu. Sehingga korban yang sudah tertipu oleh pelaku berjumlah kurang lebih 60 orang dan pelaku sudah menikmati uang hasil penipuan sebanyak Rp90.000.000, yang digunakan oleh pelaku untuk menutupi utang-utangnya dan sebagiannya habis dugunakan untuk ongkos pulang kampung,” ungkap Kapolsek. Pelaku dijerat dengan Pasal 378 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

BACA JUGA:   Polsek Nongsa Amankan 'Hantu', Pelaku Pelecehan Seksual yang Makan Dua Korban

Sebelumnya Polsek Seibeduk, Batam, juga mengungkap kasus dengan modus yang sama. Pelaku menipu calon pekerja hingga 72 orang. Per orang calon pekerja diminta uang Rp1,5 juta sehingga pelaku meraup uang dari korban hingga ratusan juta rupiah.(emr)