banner 728x90
Bintan  

Ricoh Jepang Dukung Aksi PWI Kepri Tanam Mangrove di Pulau Bintan

Sejumlah perusahaan asal Jepang yang diwakili YL Forest Co. Ltd dan Ricoh Group mendukung aksi penanaman mangrove yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Sungai Tiram, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepri, Selasa (6/2/2024).

AriraNews.com, BINTAN – Sejumlah perusahaan asal Jepang yang diwakili YL Forest Co. Ltd dan Ricoh Group mendukung aksi penanaman mangrove yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Sungai Tiram, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepri, Selasa (6/2/2024).

Penanaman mangrove tersebut merupakan rangkaian Agenda ‘Road to Hari Pers Nasional (HPN) Kepri 2024’. Rencananya puncak HPN akan digelar di Ancol, Jakarta, pada 20 Februari 2024, mendatang.

Juru Bicara Ricoh Group, Mai Takahashi bersama Komunitas Pecinta Mangrove Indonesia yang dikoordinatori Ady Indra Pawennari (tengah) yang juga sebagai Bendahara PWI Kepri.

“Sejak tahun 2020, Ricoh Group memberikan dukungan kepada para pecinta mangrove Indonesia untuk melakukan kegiatan penanaman mangrove disini. Termasuk aksi penanaman mangrove yang digelar PWI Kepri hari ini,” ungkap Juru Bicara Ricoh Group, Mai Takahashi kepada wartawan, di lokasi penanaman mangrove, Selasa (6/2/2024) siang.

BACA JUGA:   Sah, Turis Asing Bebas Masuk Batam dan Bintan Tanpa Karantina

Menurut Mai, selain Indonesia, perusahaan elektronik tempatnya bekerja itu, juga rutin melakukan kegiatan penanaman mangrove di Jepang dan Philipina bersama pecinta mangrove setempat.

Aksi penanaman mangrove di Sungai Tiram, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepri.
Ketua PWI Kepri, Andi (empat dari kiri) bersama Ketua DK, Ramon Damora (tiga dari kiri) saat melakukan penanaman mangrove di Sungai Tiram, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepri.

“Kami mendukung kegiatan ini karena dampaknya yang luar biasa terhadap lingkungan. Selain dapat menyerap karbondioksida (CO2), mangrove juga dapat menghasilkan oksigen (O2) yang sangat penting untuk kehidupan dan lingkungan sekitar,” katanya.

Sementara itu, Presiden Direktur YL Forest Co. Ltd, Naoto Akune, mengatakan kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan pihaknya di Pulau Bintan sudah berlangsung sejak tahun 2010 lalu.

BACA JUGA:   IPG Batam Nyaris Sempurna

“Dulu, kami memulainya dengan luas 2 hektar dengan sistem silvofishery, yaitu memadukan konsep budidaya udang dengan pelestarian mangrove di dalamnya. Sekarang, luasnya semakin berkembang karena didukung masyarakat setempat,” jelasnya.

Pengurus PWI Kepri menanam mangrove di Sungai Tiram, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepri.

Sementara, Ketua PWI Kepri, Andi menyampaikan apresiasinya atas keterlibatan berbagai pihak, termasuk para pecinta mangrove Indonesia – Jepang, perusahaan YL Forest Co. Ltd dan Ricoh Group dalam aksi penanaman mangrove sempena Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang jatuh pada tanggal 9 Februari mendatang.

BACA JUGA:   Sikap PWI Kepri dan SPS Kepri Terkait Pernyataan Kadiskominfo Hasan

“Atas nama pengurus PWI Kepri, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas dukungan teman-teman pecinta mangrove Indonesia dan Jepang. Insyaallah, kegiatan penanaman mangrove tahun ini akan kami jadikan agenda rutin setiap tahun sempena HPN,” katanya.

Pengurus PWI Kepri bersama YL Forest Co. Ltd dan Ricoh Group menanam mangrove di Sungai Tiram, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepri.

Aksi penanaman mangrove PWI Kepri bersama pecinta mangrove Indonesia dan Jepang ini diikuti sekitar 100 orang peserta dari anggota dan pengurus PWI Kepri dan masyarakat setempat.

Diperkirakan, aksi penanaman yang dijadwalkan berlangsung selama beberapa hari ke depan menghabiskan 50.000 batang bibit mangrove pada areal seluas 5 hektar.(ady/*)