banner 728x90

Survei Indikator Politik Indonesia, Tak Ada Kejadian Luar Biasa Ansar-Marlin Pemenang Pilkada Kepri

Batam: Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terhadap Pilkada Gubernur Kepri.

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri nomor urut tiga, Ansar Ahmad dan Marlin Agustina (AMAN) keluar sebagai pemenang pada Pilkada 9 Desember 2020.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyampaikan survei dilakukan terhadap 850 responden dengan marginal error sekitar 3,5 persen. Dalam survei tersebut pasangan Ansar-Marlin memperoleh 37,9 persen pemilih.

BACA JUGA:   Kembangkan Pariwisata Pulau Ngenang, Pemko Batam Segera Bangun Akses dan Fasilitas Pendukung

Sedangkan pasangan Isdianto dan Suryani memperoleh 23,3 persen pemilih dan pasangan Soerya Respationo dan Iman Sutiawan mendapatkan 15,4 persen serta ada 23,4 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya.

“Perolehan yang diperoleh AMAN itu signifikan secara statistik. Jadi kalau dibandingkan dengan peringkat kedua itu selisihnya jauh dari marginal error yang ditetapkan. Apalagi dibandingkan dengan peringkat ketiga yang diduduki Pak Soerya dan Pak Iman,” katanya di Batam, Rabu (3/12/2020).

BACA JUGA:   Khabib Nurmagomedov Pensiun dari UFC

Berdasarkan hasil survei tersebut, kata dia, tim pemenangan dapat meningkatkan lagi elektabilitas pasangan calonnya karena masih ada sekitar seperlima pemilih lagi yang belum menentukan pilihannya pada 9 Desember mendatang.

“Di situlah kesempatan untuk semua calon termasuk Pak Ansar untuk bisa memperoleh lebih dari 50 persen. Kalau misalnya pasangan lain bisa memperoleh 23 persen, tentu persaingan bisa lebih kompetitif. Tetapi jika tidak ada kejadian yang luar biasa, sepertinya Pak Ansar dan Bu Marlin akan tampil sebagai gubernur baru kepri yang akan datang,” ujarnya.(lis)

BACA JUGA:   90 Peserta Ikuti Kontes Tanaman Hias