banner 728x90

BP Batam Telah Siap 96,3 Persen Kelola SPAM

BATAM: BP Batam dan PT ATB terus melakukan persiapan jelang berakhirnya kerja sama pengelolaan air bersih pada 14 November 2020 nanti.

Persiapan itu, salah satunya adalah orientasi dan survei lapangan pada unit-unit operasional sistem pengelolaan air minum (SPAM), baik Instalasi Pengolahan Air (IPA) maupun jaringan perpipaan air minum seluruh Kota Batam. Orientasi ini sudah dilakukan sejak pertengahan Oktober 2020.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar, menjelaskan dalam orientasi ini, PT ATB melakukan perkenalan dan penjelasan pada hal-hal teknis terkait pengelolaan SPAM di Batam kepada BP Batam, yang akan mengelola SPAM di Batam terhitung tanggal 15 November 2020 nanti.

BACA JUGA:   Wagub Marlin Lantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji

Selain memperkenalkan enam unit IPA berkapasitas total 3.610 liter per detik, orientasi juga dilakukan terhadap tangki atau reservoar distribusi yang membantu dalam pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat Kota Batam. Selain itu pula, pengenalan beberapa kelengkapan dasar pada jaringan perpipaan, seperti meteran air induk jaringan atau sering disebut juga District Meter Zone (DMZ), valve, air valve, dan lain-lain.

BACA JUGA:   Sejumlah Tokoh Hadiri Resepsi Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam

“Setelah selesai masa orientasi dan survei bersama, BP Batam dan PT ATB melanjutkan kegiatan bersama, yaitu tandem operasi di seluruh IPA, mulai dari Duriangkang, Mukakuning, Tanjungpiayu, Seiharapan, Seiladi, Nongsa dan Tanki Booster Ozon,” papar Dendi, Kamis (5/11/2020).

Dendi melanjutkan seluruh operator dari BP Batam ikut bekerja secara shift bersama dengan operator ATB selama 24 jam, di mana per harinya dibagi dalam tiga shift, dari 2 November 2020 sampai dengan 15 November 2020 pukul 00.00 WIB.

BACA JUGA:   Apa pun Gangguannya Lapor ke 123

Diharapkan kata Dendi, sinergi antara BP Batam dan PT ATB melalui kegiatan orientasi, survei, dan tandem operasi ini, diharapkan dapat menjamin keandalan dan kelancaran suplai air bersih di seluruh Kota Batam setelah berakhirnya masa kerja sama.(***)