banner 728x90

NeutraDC Selesaikan Konsolidasi Data Center Telin Singapore, Perkuat Portofolio Bisnis

CEO NeutraDC Singapore, Sendang Praptomo (kiri) bersama CEO Telin Singapore, Indarto (kanan), saat melakukan seremoni penyelesaian proses konsolidasi bisnis data center yang sebelumnya dikelola oleh Telin di Singapura, beberapa waktu lalu (dok: foto istimewa).

AriraNews.com, Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yang berfokus pada bisnis data center, NeutraDC (Telkom Data Ekosistem), telah menyelesaikan proses konsolidasi data center yang sebelumnya dikelola Telin Singapore, Kamis pekan lalu (29/2). Langkah ini semakin mempertegas komitmen dan posisi NeutraDC yang awal Maret ini memasuki usia dua tahun untuk menjadi pemain ekosistem data center terkemuka di tingkat regional.

Dengan adanya konsolidasi tersebut diharapkan dapat mendukung rencana strategis TelkomGroup dalam mengembangkan portofolio bisnis platform digital sekaligus memperkuat bisnis digital connectivity, khususnya terkait bisnis international connectivity.

“Konsolidasi bisnis data center Telin Singapore dilaksanakan dalam rangka mendukung pengembangan bisnis dan penguatan operasional data center NeutraDC di regional untuk masa mendatang,” kata Direktur Group Business Development Telkom, Honesti Basyir.

BACA JUGA:   Jasa Raharja Berikan Santunan pada Korban Laka Bus di Imogiri

Langkah strategis ini merupakan bagian dalam roadmap bisnis data center Telkom, yang diharapkan dapat memberikan nilai optimal bagi Telkom sebagai perusahaan induk.

“Konsolidasi bisnis data center Telin Singapore ke NeutraDC Singapore dilaksanakan dalam rangka penataan portfolio data center di regional agar tergabung dalam satu entitas, yakni NeutraDC. Hal ini juga sejalan dengan rencana strategis Telkom menuju unlock bisnis data center TelkomGroup demi value yang optimal bagi perusahaan dan stakeholder,” kata Direktur Strategic Portfolio Telkom Indonesia, Budi Setyawan Wijaya.

Perjalanan penyelesaian konsolidasi ini telah melalui sejumlah tahapan. Dimulai pada 7 Desember 2023 lalu, NeutraDC mendirikan anak perusahaan baru yaitu NeutraDC Singapore PTE LTD, sebagai upaya dan wujud komitmen untuk terus meningkatkan layanan dan inovasi bagi pelanggan di tingkat regional.

BACA JUGA:   Kepala BP Batam Sampaikan Amanah Warga Rempang ke Menko Perekonomian, Airlangga Minta Ansar Ikut Bantu

“Melalui NeutraDC Singapore, kami tidak hanya menawarkan layanan yang dapat diandalkan, tetapi juga memungkinkan pelanggan untuk berkembang dalam era digital yang semakin kompleks,” ungkap CEO NeutraDC Singapore, Sendang Praptomo.

Chief Executive Officer Telin, Budi Satria Dharma Purba turut mengungkapkan, pencapaian ini menandai momen penting bagi Telin di Singapore dan NeutraDC.

“Kami mengapresiasi kerja keras kedua perusahaan dalam merealisasikan strategi Telkom dan restrukturisasi portofolio bisnis kami. Telin di Singapura, dengan cabang investasi utama kami di pasar konektivitas global, siap untuk mencapai kinerja dan daya saing yang luar biasa,” ucap Budi.

BACA JUGA:   Sindikat Joki UTBK SBMPTN di Jatim Ditangkap, Raup Untung Miliaran

“Memasuki babak baru bisnis data center, kami dengan tulus mengucapkan selamat kepada NeutraDC atas pencapaian penting ini. Dengan NeutraDC memimpin, kami yakin bahwa kemampuan dan komitmennya akan mendorong keunggulan, kesuksesan yang tak tertandingi, dan pertumbuhan. Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan NeutraDC kini dan di masa yang akan datang,” pungkas Indarto Nata, CEO Telin di Singapura.

Konsolidasi data center merupakan salah satu langkah penting dalam upaya transformasi perusahaan, sehingga dapat lebih fokus meningkatkan kapabilitas dan layanan yang diberikan kepada pelanggan akan lebih optimal.(hms)