banner 728x90

Wabub Natuna: Entaskan Kemiskinan di Natuna Butuh Komitmen Semua Pihak

Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda saat memimpin rapat.

AriraNews.com,,Natuna – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, melalui Badan Penelitian, Pengembangan dan Perencanaan Daerah Kabupaten Natuna, menggelar Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan ( TKPK) Daerah di Kabupaten Natuna Tahun 2022, di Ruang Rapat Lantai ll Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Kamis (1/12/2022).

Saat membuka rapat, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda menekankan akan pentingnya komitmen berbagai pihak, untuk mensinergikan berbagai program-program pengentasan kemiskinan.

“Untuk mewujudkan penurunan angka kemiskinan, tentunya dibutuhkan komitmen bersama dan kerja keras berbagai pihak terkait. Melalui upaya-upaya menyinergikan semua program-program dari Pusat dan Daerah, sinergitas antar sektor pembangunan yang ada, termasuk percepatan penyerapan dana pembangunan,” ujarnya.

Selain itu Rodhial Huda, juga mengatakan tujuan dari kegiatan rapat adalah penetapan program serta penetapan sasaran dalam menurunkan angka kemiskinan.

BACA JUGA:   BP Batam Gelar FGD Bersama Komisi VI DPR RI, Batam Didorong Jadi Pusat Perkembangan Ekonomi di Indonesia

“Inti dari rapat penanggulangan kemiskinan ini bertujuan, penetapan sasaran kemudian penetapan programnya, serta memastikan penetapan sasaran itu, untuk berbagai program di OPD ada program peningkatan kesejahteraan, ini harus di sinergikan agar bisa membantu kelompok atau orang yang memerlukan bantuan dapat dibantu,” tuturnya.

Rodhial Huda juga menjelaskan, Tim Penanggulangan Kemiskinan ini bertujuan untuk mempermudah dalam penanganan kemiskinan yang bersifat lintas sektoral dan lintas pemangku kepentingan.

“Upaya meretas angka kemiskinan tidak hanya melibatkan pihak Pemerintah, tetapi juga non Pemerintah, seperti organisasi masyarakat serta dunia usaha. Dengan demikian efektivitas penanggulangan kemiskinan akan sangat dipengaruhi oleh kualitas koordinasi lintas sektoral dan lintas pemangku kepentingan, baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan kebijakan dan program di dalamnya,” terangnya.

BACA JUGA:   BP Batam Gelar Pelantikan Pejabat Struktural, Dorong Target Pembangunan dan Investasi

Pria yang akrab di panggil Wak Yal ini juga berharap, agar Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) kabupaten Natuna, agar bisa merancang anggaran belanja yang efektif untuk penanggulangan kemiskinan serta menyusun instrumen yang tepat untuk melakukan koordinasi dan pengendalian pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan di daerah.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Emil Lismana menjelaskan, Fungsi dan Tugas TKPK, ialah melakukan koordinasi penyusunan rancangan RPKD kabupaten kota di bidang penanggulangan kemiskinan, fasilitas pengembangan kemitraan bidang Penanggulangan Kemiskinan.

“Selain itu tugas TKPK Kabupaten Kota mempunyai tugas melakukan koordinasi perumusan kebijakan , perencanaan , pelaksanaan , dan pemantauan pelaksanaan Penanggulangan Kemiskinan di wilayahnya”. Jelasnya

BACA JUGA:   Pegadaian CP Natuna Serahkan 30 Unit Tenda Untuk Serikat Pedagang Kaki Lima Pantai Piwang

Dalam kegiatan ini juga turut dihadiri oleh, Asisten l Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala BP3D Kabupaten Natuna, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Natuna, Kepala Badan Statistik Natuna, Ketua STAI Natuna, Ketua Baznas Ketua LAM Natuna,serta Anggota Tim TPKP Kabupaten Natuna.(dod)