banner 728x90

Orang Tua Harus Proaktif Awasi Anak-Anak

BATAM: Perkembangan teknologi belakangan ini cukup pesat. Banyak alat-alat baru yang ditemukan. Pekerjaan pun banyak jadi mudah, serba cepat dan ifisien. Termasuk teknologi informasi.

Namun, di balik semua itu keresahan kini justru banyak dialami ibu-ibu rumah tangga khususnya. Anak-anak mereka kecanduan handpone. Terutama bermain game. Hal itu dapat mengganggu mental dan pertumbuhan anak, baik dari segi fisik maupun kehidupan sosial.

BACA JUGA:   Mancing Mania IPI Kepri Piala Gubernur Kepri Diikuti Warga Negara Asing

Setidaknya itulah yang diungkapkan ibu-ibu saat bersilaturahmi dengan Calon Wakil Gubernur Kepri, nomor urut 2, Suryani di salah satu rumah warga di Perumahan Bida Asri 2, Blok F4 Nomor 2, Batam Kota.

Menanggapi keresahan itu, Suryani mengatakan perkembangan teknologi memang tak bisa dibendung lagi. Teknologi ujarnya apabila dimanfaatkan dengan baik akan mendatangkan kebaikan, begitu juga sebaliknya.

BACA JUGA:   Kapolda Kepri Jenguk Korban Demo

Contohnya perkembangan teknologi handpone yang telah banyak membuka lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi keluarga. Banyak saat ini ibu-ibu rumah tangga yang berjualan dari rumah. “Dulu banyak yang susah mencari tempat jualan, saat ini cukup dari rumah aja,” ujarnya.

Terkait kecanduan game yang dialami anak-anak lanjut Suryani, peranan utamanya ada di dalam keluarga sendiri.

BACA JUGA:   8 Jenazah TKI Korban Kapal Tenggelam di Malaysia Sampai di Batam, 7 Orang Asal Lombok

Orang tua kata Suryani, harus pro aktif dalam mengawasi anak-anak. Contohnya memberi batasan waktu dalam memegang handpone. “Bukan dilarang tetapi kita harus meminimalisirnya,” kata Suryani.

Dia menambahkan sebaiknya orang tua juga harus mendampingi anak kita bermain handpone. “Maka dari itu ibu-ibu juga harus mengerti dan paham sedikit tentang internet,” ujarnya.(lin)