banner 728x90

Listrik Padam, bright PLN Batam Ikut Merugi

BATAM: Adakalanya listrik dari bright PLN Batam tiba-tiba padam. Kondisi itu tentu cukup menjengkelkan karena ada aktivitas yang terganggu, baik saat sedang bekerja maupun waktu bersantai di rumah.

Sebagai pelanggan yang setiap bulan membayar tagihan, padamnya listrik membuat kita sering melemparkan kekesalan kepada perusahaan yang menyediakan jasa yaitu bright PLN Batam. Namun, kita juga perlu tahu bahwa padamnya listrik memberi kerugian bukan hanya kepada masyarakat tapi juga bright PLN Batam sendiri.

Bagaimana bisa? Vice President of Public Relation Bright PLN Batam, Samsul Bahri menjelaskan ada beberapa hal yang bisa dijadikan pemahaman bagi masyarakat tentang pemadaman listrik di Batam.

BACA JUGA:   Dorong Pertumbuhan Ekonomi Batam, BP Batam Gelar Coffee Morning Bersama Pengusaha Singapura

Menurut Samsul, pemadaman listrik adalah terhentinya pasokan aliran listrik ke pelanggan. Penyebab listrik padam juga bermacam-macam.

Secara garis besar ada dua yang bisa memicu aliran listrik ke pelanggan terputus. Pertama gangguan alam seperti hujan, petir dan lainnya. Kedua, gangguan teknis seperti ada kerusakan atau kegiatan pemeliharaan di pembangkit listrik.

Efek yang ditimbulkan padamnya listrik memang sangat merugikan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan.

Apalagi kalau pemadaman listrik terjadi di malam hari. Suasana menjadi gelap gulita, udara panas, dan akan banyak nyamuk. Itu adalah sebagian contoh dampak pemadaman listrik.

BACA JUGA:   Penyambungan Pipa Depan Kongkow Telah Selesai, Air Kembali Normal Secara Bertahap

“Dampak lainnya, peralatan elektronik menjadi tak berfungsi. Ini yang sering membuat kita seakan-akan mati kutu, dan tidak nyaman lantaran tak bisa berbuat apa-apa selain menunggu listrik menyala,” kata Samsul.

Hanya saja, kerugian akibat listrik padam tidak hanya merugikan pelanggan rumahan ataupun industri. Menurut Samsul, bright PLN Batam juga menderita kerugian dari padamnya listrik.

“Yang jelas, PLN Batam rugi karena tidak akan memperoleh pendapatan dari energi yang tidak disalurkan,” katanya.

Kerugian lain adalah, akan ada komponen mesin dan material milik bright PLN Batam yang rusak. Kerusakan ini berarti akan keluar biaya karena perusahaan harus berinvestasi kembali dengan membeli peralatan yang baru.

BACA JUGA:   Gubernur Ansar Lepas 103 Peserta Pawai Takbir Idul Fitri 1444 H Kota Tanjungpinang

Menurut Samsul, kerugian yang paling besar dialami bright PLN Batam datang dari nilai immateril. Ketika listrik padam, maka kepercayaan masyarakat kepada bright PLN Batam menjadi turun.

“Sering muncul dugaan kalau listrik padam itu karena disengaja oleh bright PLN Batam. Ini bisa menurunkan citra perusahaan, kepercayaan masyarakat turun. Ini merupakan kerugian paling besar. Dalam bisnis, sangat menakutkan kalau masyarakat selaku konsumen sudah tak percaya lagi kepada kita,” kata dia.

Karena itu, bright PLN Batam selalu berupaya meningkatkan pelayanan, termasuk meningkatkan kapasitas demi menjaga keandalan listrik untuk masyarakat Batam.(***)