banner 728x90

Ada Kamera Tersembunyi di Toilet, Ini Kata Pakar Cara Mendeteksinya

Ariranews.com: Pakar keamanan asal Florida, Amerika Serikat, Tim Miller mengungkap cara mendeteksi adanya kamera tersembunyi di toilet umum yang kini tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Sebab hal ini termasuk tindak pelecehan seksual.

Pelaku kata Miller menaruh kamera tersembunyi biasanya sengaja ingin merekam aktivitas pengguna saat menggunakan toilet umum atau pun ruang ganti. Entah saat buang air kecil, berganti pakaian, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:   Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur, Rodhial Huda: Pembangunan Harus Memprioritaskan Kebutuhan Masyarakat

Saat ini ungkapnya ukuran kamera tersembunyi semakin kecil. Dengan demikian peluang untuk meletakkan benda tersebut di toilet umum, kamar hotel, dan ruang publik lainnya semakin besar.

“Jika tidak ingin menjadi korban dari kamera tersembunyi, perhatikan apa yang terjadi di sekitar dan bila ragu, periksalah,”

kata Tim Miller, yang juga mantan agen Secret Service dan pendiri firma keamanan Lionheart International Services Group, dilansir  kompas.com, Minggu (28/3/2021).

BACA JUGA:   Hasil Rapat Pleno PWI Pusat, PWI Sumbar Sementara Dikomandoi Plt


Sehingga ketika di toilet umum, Miller merekomendasikan untuk memeriksa benda-benda sekitar apabila tidak diletakkan di tempatnya.

Kamera tersembunyi dapat ditempatkan di benda yang tidak terpikirkan seperti AC atau tempat yang sulit dijangkau, seperti di bawah wastafel dan ventilasi udara.

“Mulai dengan melihat ke bawah lalu ke atas. Saya selalu melihat ventilasi dan benda-benda di langit-langit untuk memastikan apakah ada yang tidak biasa,” kata Miller.

BACA JUGA:   BP Batam Kawal Kemajuan Rencana Investasi Thumbay Group

“Jangan juga ragu untuk menyentuh sesuatu dan melihatnya. Kamera sangat mudah disembunyikan tetapi juga sangat mudah diidentifikasi jika terlihat,” tambahnya.

Ada banyak cara untuk menyembunyikan kamera terutama kamera lubang jarum. Beberapa kamera malah dapat merekam dari jarak jauh.

Oleh karenanya, pastikan untuk selalu memeriksa toilet umum sebelum digunakan agar tidak menjadi korban dari tindak kejahatan ini.(emr)

foto: ilustrasi