banner 728x90

KPU Natuna Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak 2024

Penekanan tombol sirine oleh ketua KPU Natuna, Ketua KPU Provinsi Kepri, Wakil Bupati Natuna, Ketua Bawaslu dan Komisioner KPU Natuna tanda diluncurkannya tahapan Pemilu Kada serentak tahun 2024.

AriraNews.com, Natuna – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna melaksanakan Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Bupati dan Wakil Bupati Natuna Tahun 2024.

Kegiatan berlangsung di Alun-alun Pantai Piwang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau pada Senin malam (27/05/2024).

Peluncuran dilakukan tepat 180 hari sebagai tahapan menuju Pilkada serentak yang akan dihelat tanggal 27 November 2024 mendatang.

Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Bupati dan Wakil Bupati Natuna Tahun 2024 di tandai dengan penekanan tombol sirine oleh Ketua KPU Natuna yang didampingi oleh Ketua KPU Kepri, Wakil Bupati Natuna, Ketua Bawaslu Natuna dan Komisioner KPU Natuna.

Ketua KPU Kabupaten Natuna, Kusnaedi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah dan seluruh Stakeholder yang telah mensuport Pemilihan Umum tahun 2024 yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah para pelaksana pemilu kemarin semua berjalan dengan lancar, semoga pemilihan kepala daerah yang akan kita lakukan nanti juga bisa berjalan dengan lancar,” sebutnya.

Lebih lanjut, Kusnaedi menyampaikan dengan dilaksanakan peluncuran ini maka KPU Kabupaten Natuna secara resmi mensosialisasikan tahapan pemilihan kepala daerah tahun 2024.

BACA JUGA:   Pimpinan DPRD Batam Segera Proses PAW Azhari David Yolanda

Ia juga menjelaskan pemilihan bisa dikatakan berhasil apabila memenuhi empat indikator yakni, pertama berjalan dengan aman damai dan lancar, kedua tingkat partisipasi pemilihan tinggi, ketiga tidak terjadi gesekan dan konflik dan ke empat program dan roda pemerintahan berjalan.

“Suksesnya pemilu tidak bisa dibebankan hanya kepada KPU dan Bawaslu saja namun beban semua pihak terutama masyarakat, pemerintah dan media massa,” jelasnya.

Untuk itu, Kusnaedi meminta dukungan seluruh elemen agar bisa bersama-sama saling bersinergi dan mendukung suksesnya pemilukada tahun 2024.

Sementara Ketua KPU Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh masyarakat Natuna dan kepada seluruh unsur pimpinan atas suksesnya pemilu 2024.

“Ini adalah bukti bagaimana sinergitas yang baik dari semua stakeholder, sehingga pemilu yang kemarin dapat berjalan dengan sangat baik,” ungkap Indrawan.

Indrawan berharap keberhasilan Kabupaten Natuna pada pemilu kemarin tentunya juga harus berlanjut pada pelaksanaan pilkada serentak 2024 nanti.

“Keberhasilan ini juga harus ditopang bagaimana kemudian penyelenggara pemilu harus tetap menjaga integritasnya, bagaimana pemerintah harus bersikap netral, bagaimana nanti para peserta pemilu harus taat dengan aturan yang ada dan yang tidak kalah penting bagaimana para pemilih bisa menjadi pemilih yang cerdas pada pilkada tanggal 27 November 2024 nanti,” lugasnya.

BACA JUGA:   Kunjungi Natuna, Ketum JMSI Takjub dengan Keindahan Alam Natuna

Diakhir sambutannya, Indrawan juga menyampaikan peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Bupati dan Wakil Bupati Natuna Tahun 2024 adalah bagian dari program persiapan tahapan Pilkada.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan pemuktahiran data pemilih sekitar tanggal 24 juni sampai 27 Juli sedangkan untuk tahapan penyelenggaraan itu sendiri akan dimulai pada 27 Agustus 2024,” sebutnya.

Sementara untuk penetapan calon Kepala daerah akan ditetapkan pada tanggal 22 September yang kemudian akan mengikuti kampanye kurang lebih sekitar 58 hari sampai dengan tanggal 23 November sebelum masa tenang dan masa puncak yakni hari pemilihan tanggal 27 November 2024.

“Enam bulan ke depan adalah waktu yang sangat pendek dalam rangka persiapan-persiapan itu semua, oleh karena itu kami mohon kepada seluruh stakeholder di wilayah Kabupaten Natuna dapat saling bahu-membahu mensukseskan Pilkada serentak ini,” pintanya.

Sedangkan Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda berpesan agar dalam tahun politik ini semua stakeholder dapat selalu mengeratkan tangan dan jangan terpecah belah.

BACA JUGA:   PWI Natuna Gelar Puncak HPN di Desa Pian Tengah, Disambut Antusias Masyarakat

“Meski beda pilihan tapi tetaplah kompak,” ujarnya.

Ia juga mengatakan meski pelaksanaan Pilkada masih enam bulan lagi tapi debat di grup WhatsApp sudah mulai panas.

“Untuk itu saya selalu berpesan kepada seluruh masyarakat Natuna untuk selalu menjaga kerukunan agar pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan sukses aman dan damai,” tutupnya.

Pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kepulauan Riau akan menggunakan maskot hewan Endemik dari Kabupaten Natuna yakni Kekah.

Kekah diketahui memiliki filosofi hidup berkelompok, hal ini juga menjadi harapan dari KPU sebagai penyelenggara Pemilu bagaimana masyarakat bisa berkelompok dan berbondong-bondong datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya.

Penggunaan maskot Kekah pada pemilu kada 2024 di Provinsi Kepri juga sebagai bentuk kampanye untuk mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melindungi hewan endemik ini yang semakin hari semakin terancam dengan kepunahan

Sedangkan untuk Jingle Pilkada Kepri tahun 2024 berjudul Ayo Memilih.

Hadir dalam kegiatan Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, Ketua KPU Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi, perwakilan Forkopimda, Ketua dan Anggota Bawaslu Natuna, para Asisten, Kepala OPD,  Kabupaten Natuna, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat Natuna.(dod)