banner 728x90

Usai Salat Jamaah Masjid Baitussalam Lakukan Cek Kesehatan

AriraNews.com: Usai salat Jumat (23/10/2020), belasan jamaah Masjid Baitussalam, Perumahan Arira Garden, Batubesar, Nongsa, Batam, menjalani pemeriksaan kesehatan gratis oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Jabi, Nongsa.

Pemeriksaan mulai dari berat badan, tinggi badan, tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Ada tiga orang petugas kesehatan yang turun, yakni Syeila, Darsina, dan Bahtiar.

BACA JUGA:   Komisi III DPRD Batam Datangi Lokasi Reklamasi Lahan di Kampung Belian, Alat Berat Menghilang

Darsina, salah seorang petugas kesehatan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Puskesmas Jabi. Yakni dengan nama Program Jumat Cerdik. Di mana tiap hari Jumat petugas kesehatan akan diterjunkan ke masjid-masjid. “Tiap hari Jumat beda-beda masjid,” ungkapnya.

Tujuan dari program tersebut selain memberikan pelayanan kesehatan secara gratis juga sekaligus memberikan edukasi pada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan.

BACA JUGA:   DPRD Batam Sidak ke Lokasi Tembesi Tower yang Terdampak Row Jalan

Contohnya kadar kolesterol. “Setelah dicek kolesterolnya tinggi. Padahal bapak itu badannya tidak gemuk. Ada juga yang sedikit gemuk tapi kolesterolnya normal. Jadi belum tentu juga yang gemuk kolesterolnya tinggi. Itu salah satu edukasinya,” ujarnya.

“Yang tensinya tinggi itu kami arahkan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan di puskesmas, agar mendapatkan pelayanan yang maksimal. Tadi ada beberapa orang yang tensinya tinggi,” Bahtiar menambahkan.

BACA JUGA:   SPAM Batam Gesa Perbaikan dan Peremajaan IPA di Kota Batam

Sementara, Nurohim, salah seorang jamaah yang ikut memeriksakan kesehatan mengaku sangat beruntung dengan pelayanan dari Puskesmas Jabi tersebut. Sehingga dia jadi tau kondisi kesehatannya saat ini. “Tadi cek kolesterol, rupanya tinggi. Harus wanti-wanti juga,” ungkapnya.(emr)