banner 728x90
Batam  

Mengenal Sosok Jefridin Calon Pemimpin Batam, Birokrat dan Organisatoris Handal

Sekda Batam, Jefridin saat menjadi pembicara di salah satu kampus di Batam.

AriraNews.com, Batam – H. Jefridin Hamid (HJH) adalah birokrat dan organisatoris yang menjabat puncak karir Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Batam. HJH adalah seorang pamong yang memiliki latar belakang pendidik dan memulai segalanya dari bawah. Jabatan ini merupakan posisi yang sangat penting dalam struktur pemerintahan daerah. HJH bertanggung jawab langsung kepada Wali Kota dan memainkan peran kunci dalam pengambilan keputusan strategis serta koordinasi antara berbagai sektor pemerintahan.

Berkat kemampuannya dalam kepemimpinan, manajemen, dan pengambilan keputusan yang baik, ia mampu menjalankan tugasnya dengan sukses. Kepemimpinan yang efektif, kebijaksanaan, dan integritas yang ditunjukkan membuatnya dihormati di lingkungan pemerintahan dan masyarakat Kota Batam. Perjalanan karirnya, dari seorang guru hingga Sekretaris Daerah, adalah contoh inspiratif tentang bagaimana dedikasi, kompetensi, dan kemampuan kepemimpinan yang kuat dapat membawa seseorang mencapai puncak karier dalam sektor pelayanan publik.

Karirnya sebagai ASN dimulai saat menjadi guru di SMP Negeri 1 Belakangpadang di tahun 1998-2001. Empat tahun mengajar di SMP Negeri  1, ia mendapat promosi sebagai Staf Kanpora pada tahun 2001, kemudian menjadi Kepala Seksi Program Kanpora Batam setahun berikutnya. Ia diangkat menjadi Lurah Tanjunguma, kemudian menjadi Kepala Seksi Bencana Dinsos Kota Batam, Kasubag TU Kesbanglinmas Kota Batam, Kasi Penataan Pasar Dinas Pasar dan Kebersihan Kota Batam.

BACA JUGA:   Puluhan Pimpinan Perusahaan Manufaktur Asal Tiongkok Kunjungi BP Batam
Jefridin saat berbincang dengan Menperkraf, Sandiaga Uno.

Karirnya terus menanjak menjadi Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga, Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah Kota Batam, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Batam, Staf Ahli Wali Kota Batam Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Investasi hingga Sekretaris Daerah Kota Batam pada 2016 sampai sekarang. Kini, ia juga dipercaya sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam.

Pengalamannya sebagai aktivis mahasiswa, di mana ia pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Ketua Senat Mahasiswa FKIP Universitas Islam Riau, menunjukkan jiwa kepemimpinannya yang kuat. Semasa mahasiswa pernah meraih sebagai mahasiswa teladan dan berprestasi Tingkat Nasional, dan IPK lulusan tertinggi. Jefridin juga dikenal sebagai aktivis tulen.

BACA JUGA:   Simpan Sabu Dalam Dubur, Calon Penumpang Tujuan Lombok Diamankan BC Batam

Kemudian, Ketua DPD KNPI Kota Batam, Karang Taruna Kota Batam serta organisasi kemasyarakatan lain termasuk Lembaga Adat Melayu Kota Batam. Dari aktivis kampus inilah dan organisasi kepemudaan, Jefridin digembleng dan belajar kepemimpinan. Sehingga ia khatam anatomi perjuangan, berpikir kreatif, juga semangat pantang menyerah, yang kelak berguna dalam meniti kariernya di masa depan.

Jefridin saat memenuhi undangan masyarakat.

Hingga pada puncaknya, Jefridin berhasil menerima piagam penghargaan dengan kualifikasi Sangat Memuaskan (istimewa) dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I angkatan XLIX tahun 2021, yang dilaksanakan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).

Besarnya dedikasi terhadap pendidikan, pelayanan publik, dan kepemimpinan komunitas menjadikannya sosok yang ideal untuk memimpin Kota Batam ke arah yang lebih baik. Kini, Jefridin digadang-gadang sebagai calon kuat dalam pemilihan Wakil Walikota Kota Batam 2024. Dengan pengalaman dan dedikasinya yang luar biasa, tidak heran jika banyak masyarakat yang menaruh harapan besar padanya. Jefridin juga menjadi sosok inspiratif bagi kalangan pemuda dengan segudang pengalaman yang dimilikinya. Ia bahkan tidak sungkan berbagi pengalaman dan memotivasi para generasi muda untuk bangkit menggapai mimpi mewujudkan cita-cita.

BACA JUGA:   Usai Tinjau Pembangunan Hunian Baru Masyarakat Rempang, Deputi Kemenko Polhukam Optimis Rampung Sesuai Target

Segudang Pengalaman Telah Dia Miliki. Kini Dia hanya ingin terus mengabdi kepada Batam. Sederhana dan bersahaja adalah ciri dari pemimpin masa depan sebuah daerah. HJH selalu siap bila di percaya menjadi pemimpin Batam kedepannya. Pada Pemilihan Walikota (Pilwako) Batam 2024, HJH didukung sejumlah pihak untuk maju sebagai Calon Wakil Wali Kota Batam. Sebagai orang yang telah membantu kerja Wali Kota Batam selama ini, ia dianggap mampu untuk melanjutkan pembangunan di Kota Batam.(vie)