Batam  

Suasana Haru Warnai Pemberian Penghargaan Lifetime Achievement Pada Anggota PWI Kepri yang Telah Meninggal Dunia

Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, Wali Kota Batam/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi didampingi Ketua PWI Kepri, Andi (kanan) usai serahkan piagam penghargaan pada istri/mewakili tiga orang anggota PWI Kepri yang telah meninggal dunia.

AriraNews.com, Batam – Wakil Gubernur Kepri, Hj Marlin Agustina dan Wali Kota Batam/Kepala BP Batam, H Muhammad Rudi bersilaturahmi sekaligus syukuran bersama PWI Kepri sampena Hari Pers Nasional (HPN) di Hotel Golden View, Bengkong, Batam, Senin (12/2/2024) siang.

Silaturahmi begitu sangat cair. Keakraban sangat terlihat antara Wagub Marlin, Wako Rudi dengan wartawan yang hadir siang itu. Namun, suasana yang awalnya cukup riuh, saling canda, seketika berubah hening, haru. Yakni ketika masuk dalam rangkaian pemberian penghargaan pada almarhum Ade Adran Syahlan, almarhum Yunus Suchari, dan almarhum Messa Haris. Ketiganya merupakan anggota PWI Kepri.

Dengan suara bergetar, Ketua Dewan Kehormatan (DK) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri, Ramon Damora yang merupakan seniman Kepri membacakan sinopsis ketiga almarhum. 

Ade begitu Ade Adran Syahlan, biasa disapa merupakan wartawan senior. Terakhir menjabat Komisaris Harian Posmetro Batam dan meninggal dunia pada Rabu 17 Januari 2024, di usia 53 tahun.

Wagub Kepri, Marlin Agustina serahkan penghargaan pada istri anggota PWI Kepri yang telah meninggal dunia.

Kemudian, almarhum Bang Yos, begitu kawan-kawan wartawan memanggil Yunus Suchari. Dikenal sebagai wartawan yang supel dan mudah bergaul. Bang Yos banyak yang tak menyangka dipanggil Sang Khalik pada bulan Ramadan, 23 Maret 2023, lalu. Terakhir Bang Yos, tercatat sebagai Redaktur Pelaksana di Harian Batampos.

BACA JUGA:   Program Ramadan Berkah PLN Batam Disambut Baik Pengurus Masjid, Ibadah Puasa Makin Tenang

Terakhir Messa Haris. Wartawan muda yang dikenal dengan idealismenya. Selama menjadi wartawan di beberapa media, di antaranya Posmetro Batam, Antara, Batampos Online, Haris begitu panggilan kesehariannya lebih banyak meliput di pemerintahan Batam. Sehingga selain dikenal baik di kalangan wartawan, dia juga banyak dikenal di lingkungan Pemko Batam dan BP Batam. Wartawan murah senyum itu pergi selamanya, Selasa (8/8/2023) di Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah, Kota Batam.

Di sela-sela pembacaan sinopsis tersebut tak sedikit yang terlihat menyeka mata. Termasuk Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

“Mereka adalah teman, sahabat yang telah mendahului kita. Semoga mereka di berikan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ujar Ramon Damora.

Usai membacakan sinopsis, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina dan Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam menyerahkan piagam Pengabdian Seumur Hidup atau lifetime achievement kepada wartawan yang sudah mendarmakan hidupnya di dunia jurnalistik hingga akhir hayatnya. Penghargaan ini diterima oleh istri masing-masing almarhum, atau yang mewakili.

BACA JUGA:   Di Ajang Smash Indonesia, Ini Pesan Firli Bahuri pada Atlet Muda Bulutangkis

Secara singkat baik Wagub Marlin dan Wako Rudi saat menyerahkan penghargaan berharap istri almarhum tabah, sabar dan tetap semangat menjalani kehidupan ke depan.

Sementara, Aura, istri almarhum Messa Haris tak mampu berkata banyak. Dia pun menyampaikan terima kasih kepada Wagub Kepri, Wali Kota Batam, dan teman-teman PWI Kepri yang telah memberikan perhatian padanya.

“Terima kasih atas teman-teman bang Haris semua. Semoga bang Haris di lapangkan kuburnya. Aura tak bisa ngomong. Karena semenjak sakit hingga bang Haris pergi begitu banyak perhatian yang diberikan teman-teman. Kami tak sanggup membalasnya, melainkan dengan do’a,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Ketua PWI Kepri, Andi mengatakan, silaturahmi dan syukuran tersebut bagian dari kegiatan Road to HPN 2024 PWI Kepri. Sebelumnya telah digelar beberapa kegiatan, dimulai dari penanaman mangrove di Bintan, menyantuni panti asuhan di Tanjungpinang, mengunjungi panti jompo di Bintan dan syukuran potong tumpeng di kantor Sekretariat PWI Kepri di Tanjungpinang.

Silaturahmi dan syukuran ini lanjut Andi, merupakan bentuk penghargaan Wagub Kepri dan Wali Kota Batam pada insan pers di Kepri. Apalagi keduanya tak bisa hadir saat pelantikan pengurus PWI Kepri pada 20 Januari 2024 lalu. Silaturahmi ini tak hanya dihadiri anggota PWI Kepri tapi juga para istri yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kepri.

BACA JUGA:   BC Batam Amankan Karburator Motor Berisi Ganja

“Mudah-mudahan silaturahmi ini tetap terjaga dengan baik,” harap Andi.

Terkait penghargaan ungkap Andi merupakan sebagai bentuk penghargaan dari PWI Kepri pada anggota yang telah mendermakan hidupnya hingga akhir hayat di dunia jurnalistik. Tak hanya penghargaan, dalam kesempatan itu juga diserahkan tali asih pada istri almarhum.

“Piagam dan tali asih langsung diserahkan oleh Wakil Gubernur Kepri, Ibuk Marlin dan Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam, Bapak Muhammad Rudi,” ungkap Andi.(***)

banner 728x90