Ariranews.com, Jakarta: Produsen  smartphone asal China, Vivo dan Oppo menjadi pemimpin pasar ponsel di Indonesia. Meninggalkan pesaing utama mereka, produsen asal Korea Selatan.

Data Canalys di kuartal IV-2020 mencatat Vivo berhasil mendominasi ponsel pintar di Indonesia dari sisi pengiriman (shipment). Pangsa pasar Vivo mencapai 25%, peringkat kedua ada Oppo dengan pangsa pasar 24%.

BACA JUGA:   HARRIS Hotel Batam Center Gelar Donor Darah, Ke-2 di Tahun 2021

Hal ini menjadikan Indonesia menjadi medan pertarungan ketat Vivo dan Oppo. Sementara Samsung asal Korea Selatan makin kesulitan untuk mengejar kedua ponsel China itu.

Pada kuartal terakhir 2020, Oppo mencatatkan penurunan pertumbuhan sebesar 9%, sementara Vivo stabil alias 0%. Pada kuartal III-2020, peringkat pertama adalah Oppo kemudian disusul Vivo.

Peringkat selanjutnya secara berurutan adalah Xiaomi dengan pangsa pasar 15%, Realme 15% dan Samsung 14%. Hal menarik lainnya adalah Realme yang kembali berada diperingkat keempat menggeser Samsung.

BACA JUGA:   Gubernur ke Turki, Wagub Marlin Kunjungi Kafilah Kepri di Banjarmasin

Pada kuartal IV-2020 pengiriman smartphone Samsung di Indonesia anjlok 45% dan berada di peringkat kelima. Padahal pada kuartal III-2020 pangsa pasar mencapai 15% dan berada di peringkat keempat dengan penurunan pertumbuhan pengiriman smartphone anjlok 34%.

“Kami yakin bahwa produk dan strategi pemasaran Realme telah berjalan dengan efektif selama masa sulit ini,” ujar Paslon Yi, Marketing Director Realme Indonesia dalam keterangan resminya, yang dikutip dari CNBC Indonesia.(emr)

BACA JUGA:   Ingin Tetap Anggun dan Sehat di Umur 40-an, Ini Tips Dokter Spesialis RS KPJ Johor

sumber: CNBC Indonesia
foto: ilustrasi