banner 728x90

Catat! Disdik Kota Batam Buka Posko Pengaduan PPDB 2024

Kepala Disdik Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto.

AriraNews.com, BATAM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, membuka posko pengaduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Gedung Gurindam, Kantor Disdik Kota Batam di Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Orang tua maupun calon siswa bisa menanyakan langsung kepada petugas kami yang standby di sana seputar PPDB,” kata Kepala Disdik Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto, Senin (10/6/2024).

Diakuinya posko tersebut bertujuan untuk membantu dan memudahkan orang tua atau calon siswa dalam melakukan pendaftaran selama proses PPDB berlangsung. Selain datang ke posko, masyarakat juga bisa melapor dengan datang ke sekolah langsung atau melalui email ppdb@email.ppdbbatam.id maupun menghubungi call center  0778324442 atau 085363124214.

BACA JUGA:   Bayi yang Ditemukan di Bengkong Hasil Hubungan Gelap, Pelaku Sudah Ditangkap

Wahyu mengatakan sejauh ini sudah ada puluhan  orang tua calon siswa yang datang ke posko pengaduan tersebut.

“Mereka rata-rata menanyakan terkait apakah penerima Program Indonesia Pintar (PIP) otomatis bisa masuk di jalur afirmasi,” ujarnya.

Ia menerangkan, bahwa calon siswa yang bisa mendaftar melalui jalur afirmasi adalah mereka yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

BACA JUGA:   Miliki Rumah Siap Huni di Puri Sasmaya, Cicilan Setara Bayar Kontrakan

“Mereka yang memiliki KIP peluangnya lebih besar untuk masuk lewat jalur afirmasi atau yang terdaftar di program PIP tidak semuanya berasal dari keluarga kurang mampu, tapi ada juga siswa yang berperestasi, jadi ada proses verifikasinya,” katanya.

Bagi yang sudah mendaftar di jalur afirmasi namun tidak tertampung maka mereka dapat mendaftar pada fitur yang sudah kami sediakan di ppdbbatam.id. Calon siswa dapat merilis akunnya dan mendaftar di jalur zonasi dan perpindahan orang tua wali. “Jadi kami berikan kesempatan kedua bagi mereka,” sambungnya.

BACA JUGA:   Safari Ramadan Terakhir BKDI BP Batam, Muhammad Rudi Ajak Masyarakat Jaga Semangat Membangun

Untuk diketahui, kuota daya tampung SD negeri jalur afirmasi di Kota Batam tahun ini sebesar 15 persen atau sebanyak 1.879 siswa. Sementara untuk kuota jalur zonasi sebesar 80 persen dan perpindahan orang tua wali sebesar 5 persen.

“Total daya tampung untuk SD sebanyak 12.528 siswa yang terbagi dalam 348 rombongan belajar, dengan jumlah siswa per kelas sebanyak 36 orang,” kata Wahyu.(oma)