banner 728x90
Batam  

Pengguna Kendaraan di Kepri Wajib Tahu, Setelah Bayar Pajak Kendaraan Dapat Fuel Card Plus

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri, Diky Wijaya.

AriraNews.com, Batam – Upaya meningkatkan potensi penerimaan pajak daerah, terutama pajak bahan bakar kendaraan bermotor, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri membuat inovasi. Yakni menciptakan Fuel Card Plus untuk membeli BBM bersubsidi.

Dengan Fuel Card Plus ini, pembelian BBM subsidi dari tunai menjadi non tunai. Berlaku untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Fuel Card Plus ini akan diberikan kepada seluruh wajib pajak saat membayar pajak kendaraan. Rencananya akan di Launching pada 1 Juli 2024 mendatang.

“Ketika dia membayar pajak kendaraan baik motor ataupun mobil, akan mendapat Fuel Card Plus,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri, Diky Wijaya, Kamis (2/5/2024) di Batam Center.

BACA JUGA:   King Selebriti 2, Hunian Exclusive dengan Stock Unit Terbatas

Diakuinya, wajib pajak bisa mengisi saldo Fuel Card Plus ini untuk membeli BBM bersubsidi di seluruh Pertamina yang ada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Untuk pelaksanaannya dimulai secara bertahap, yaitu roda empat.

“Pajak bahan bakar kendaraan bermotor itu berdasarkan Undang-Undang nomor 28 tahun 2009 dan UU nomor 1 tahun 2022 adalah undang undang tentang hubungan keuangan pusat dan daerah,” kata Diky.

Ia berharap dengan adanya metode digitalisasi ini, akan memudahkan masyarakat ketika membeli BBM. Sehingga tidak lagi menggunakan uang tunai lagi.

BACA JUGA:   Tumbuh Positif, Neraca Perdagangan Batam Kembali Catatkan Surplus

“Realisasi Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBB-KB) tahun 2023 cukup besar 400 miliar lebih. Mudah-mudahan dengan adanya ini, bisa makin naik. Karena kita tahu kepatuhan WP masih 45 persen kalau tidak bayar pajak,” katanya.

Diky menilai, Fuel Card Plus ini juga bisa dijadikan apresiasi bagi WP yang taat pajak. Apabila sebelumnya WP malas bayar pajak, dengan mendapatkan kartu manfaat ini akan taat bayar pajak.

“Peroleh kartunya WP harus bayar pajak dulu. Nanti akan terbit kartunya. Kemudian WP bisa top up saldo. Biaya adm tidak ada,” katanya.

BACA JUGA:   Polemik Pengembangan Pulau Rempang, Praktisi Hukum Kota Batam Ajak Masyarakat Tak Mudah Terprovokasi

Ke depan, Fuel Card Plus tersebut bukan hanya sebagai pembelian BBM saja, tetapi bisa juga digunakan untuk bayar parkir dan pihaknya akan bekerjasama dengan beberapa merchandise.

“Misalnya ketika masuk ke hotel A,B,C atau ke rumah makan apa atau mungkin ke kafe itu bisa dapat diskon juga dan juga nanti kartu juga ada  asuransinya. Bisa juga bayar e.tol. Jadi masyarakat yang taat pajak itu kita akan berikan kami itu dibuat dengan manfaatnya,” katanya.(uly)