banner 728x90

Ribuan Masyarakat Batam Datangi Open Base Lanud Hang Nadim, Tampilkan Pesawat Tempur dan Helikopter TNI AU

Open Base Lanud Hang Nadim mendapatkan antusias yang tinggi dari masyarakat Batam.

AriraNews.com, Batam – Ribuan masyarakat Batam terutama siswa sekolah mulai dari TK, SD, mahasiswa datang dan melihat secara dekat pesawat tempur, helikopter, dan pesawat Hercules TNI Angkatan Udara yang ditampilkan dalam Open Base yang digelar Lanud Hang Nadim di Apron Bandara Internasional Batam, Kamis (29/2/2024) siang.

Open Base ini akan berlangsung selama dua hari yakni hingga Jum’at (1/3/2024) pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini terbuka untuk umum, gratis. Masyarakat bisa datang langsung ke apron bandara, tepatnya di samping area kargo. Parkiran motor dan mobil telah disiapkan di area tersebut.

Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, Danlanud Hang Nadim, Letkol (Pnb) Sony Aji Pramono bersama jajaran Forkopimda menyambut kedatangan pilot pesawat tempur Hawk 200 yang ditampilkan dalam Open Base Lanud Hang Nadim.
Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, Danlanud Hang Nadim, Letkol (Pnb) Sony Aji Pramono bersama jajaran Forkopimda menyambut kedatangan pilot pesawat tempur Hawk 200.

Sejak pagi antusias warga terutama para pelajar begitu terlihat. Bersama para guru mereka telah datang dari pagi, menunggu kedatangan pesawat tempur, pesawat angkut Hercules yang akan ditampilkan dalam Open Base tersebut.

BACA JUGA:   Air Sering Mati, Ketua DPRD Batam Soroti Kinerja PT Moya: Gak Perlu Tunggu Sampai Warga Teriak-teriak

Sorak dan tepuk tangan pun menggema ketika tiga pesawat tempur jenis Hawk 200 datang dan melakukan atraksi terbang rendah di landasan pacu bandara.

Ribuan masyarakat menyaksikan atraksi pesawat tempur Hawk 200 sebelum mendarat di Bandara Internasional Batam.
Masyarakat dan pelajar datang melihat secara langsung alutsista TNI AU di Open Base Lanud Hang Nadim.

Usai melakukan atraksi sebanyak dua kali, pesawat kemudian mendarat dengan sempurna. Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, Danlanud Hang Nadim, Letkol (Pnb) Sony Aji Pramono S.T.M.I.Pol, dan jajaran Forkopimda Batam menyambut kedatangan para pilot dengan pengalungan bunga.

Danlanud Hang Nadim, Letkol (Pnb) Sony Aji Pramono mengatakan, tujuan dari Open Base ini adalah menambahkan minat dirgantara terutama kepada masyarakat Batam, terutama siswa sekolah, kaum muda, yang menjadi generasi penerus pembangunan bangsa.

BACA JUGA:   Jumlah Penumpang Bandara Internasional Hang Nadim Batam Naik 15 Persen

Pesawat yang dihadirkan kata Sony, seperti pesawat tempur Hawk 200, helikopter Caracal AS332 Super Puma, Hercules C-130 merupakan alat sistem utama persenjataan (Alutsista) TNI AU yang digunakan untuk memantau wilayah laut Indonesia, termasuk wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

“Pesawat ini biasa digunakan untuk memantau pengamanan alur laut Indonesia, yaitu Selat Malaka, maupun Laut Natuna Utara,” ungkap Sony.

Jajaran Forkopimda Batam hadir dalam Open Base Lanud Hang Nadim.

Sementara, Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam, Muhammad Rudi menyampaikan ucapan terima kasih pada TNI AU, khususnya Lanud Hang Nadim yang telah menyelenggarakan Open Base ini.

“Melihat antusias masyarakat, pelajar yang datang mudah-mudahan tujuan dari digelarnya Open Base ini menumbuhkan minat dirgantara dapat tercapai. Mudah-mudahan dapat memotivasi anak-anak kita masuk TNI AU, menjadi pilot pesawat tempur,” kata Muhammad Rudi.

BACA JUGA:   Polda Kepri Gelar Syukuran di HUT Polwan ke 74

Muhammad Rudi pun mengimbau masyarakat Batam dapat memanfaatkan waktu selama dua hari ini melihat secara langsung pesawat andalan TNI AU tersebut.(ara)