banner 728x90
Batam  

Khataman Qur’an Disbudpar Batam, Jefridin Ajak Libatkan Masyarakat hingga Mahasiswa

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, membuka Khatam Qur'an Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Tahun 2024 di Taman Dang Anom, Rabu (27/03/2024).

AriraNews.com, Batam – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, membuka Khatam Qur’an Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Tahun 2024 di Taman Dang Anom, Rabu (27/03/2024).

Acara Khataman Qur’an diawali dengan berarak peserta diiringi kompang. Kegiatan Khataman Qur’an ini merupakan tradisi masyarakat Melayu saat Bulan Ramadan.

“Atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam yang sudah menaja acara Khataman Qur’an ini,” ucap Jefridin. Saat pembukaan itu, Sekda hadir bersama istri, Hariyanti.

Di kesempatan itu, Jefridin mengusulkan agar tahun depan acara Khataman Qur’an tersebut dapat melibatkan masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa.

BACA JUGA:   Proses Pembangunan Fisik TMMD ke-16 Kampung Seraya Sambau Sudah Mulai Terlihat

“Sehingga, membaca Al Qur’an dapat menjadi budaya bagi masyarakat dan generasi muda di Kota Batam,” katanya.

“Membaca Al Qur’an dapat memberikan manfaat dan pahala kepada kita semua,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan yang kelima dilaksanakan setiap Ramadan. Menurutnya, acara itu digelar bersempena peringatan Nuzul Al Qur’an.
Khataman Qur’an ini diikuti oleh anak-anak dari panti asuhan. Selain Khataman Qur’an juga ada terdapat nasi besar.

Ardiwinata menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi masyarakat Melayu. Menurut Ardi, kegiatan ini juga termasuk dari ritus dalam Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).

BACA JUGA:   Sukses Tangani Covid-19, Kapolda Kepri Terima Penghargaan dari BNPB RI

“Semoga kegiatan ini terus lestari. Setiap tahun, Khataman Al-Qur’an terus digelar di panggung Batam Wonderfood & Art Ramadhan,” ucapnya.

Selain itu, dalam acara Khataman Al-Qur’an ini, akan ada arakan bunga manggar kompang, nasi besar. Dan ibu-ibu berkhatam akan mengunakan tudong manto, kerudung khas Kepri dari Kabupaten Lingga,” ujarnya.

Terkait Batam Wonderfood & Art Ramadhan, lanjut Ardi, tahun ini total lebih 160 tenant yang berpartisipasi dalam Batam Wonderfood & Art Ramadhan. Ia mengatakan, event yang memadukan aneka sajian kuliner, berbagai perlombaan dan atraksi tersebut, merupakan acara tahunan untuk membangkitkan semangat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batam.

BACA JUGA:   Kapolsek Sekupang, Kompol Yudha: Jangan Pernah Takut dan Ragu dengan Polisi

“Batam Wonderfood & Art Ramadhan tahun ini mendapat dukungan dari Kemenpar RI karena event ini sebagai salah  satu event unggulan yang terpilih masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024,” katanya.

Masih tetap dengan mengusung tema lama “Jom Balek Kampong,” Batam Wonderfood and Art Ramadhan akan digelar selama kurang lebih satu bulan sepanjang Ramadan.

“Batam Wonderfood and Art Ramadhan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Kota Batam serta memberikan kesempatan para UMKM Kota Batam menjajakan produknya khusunya kuliner,” sebut Ardi.(hms)