banner 728x90

Bazar di MTQH Kepri di Batam, Tampilkan Produk UMKM Unggulan Tiap Daerah

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan Sekda Batam, Jefridin mencoba makanan yang ditampilkan di bazar MTQH Kepri di Batam.

AriraNews.com, Batam – Bazar dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) X tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2024 di Dataran Engku Puteri, Kota Batam bisa dijadikan sebagai wadah untuk menampilkan produk UMKM unggulan dari masing-masing kabupaten/kota. Adapun sejumlah produk yang ditampilkan dalam bazar MTQH X 2024 produk kuliner, busana hingga aksesoris.

“Setelah pembukaan mudah-mudahan ini akan diramaikan masyarakat dan ini salah satu usaha kita memberikan ruang bagi kabupaten/kota untuk menampilkan produk unggulan,” kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad usai pembukaan bazar MTQH, Senin (20/5/2024).

BACA JUGA:   Isdianto Salat Subuh di Masjid Baitussalam, Ustadz Bashir: Bisa Salat Subuh di Masjid adalah Orang-Orang yang Beruntung

Diakuinya dalam mendukung geliat perekonomian dalam bidang UMKM, Pemprov Kepri terus melakukan kolaborasi kerja sama dengan Bank Indonesia Kepri, Balai POM. Hingga perbankan untuk memberikan berbagai pendampingan dan permodalan usaha.

Selain itu, kata dia, Pemprov Kepri juga berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang cepat dan mudah bagi pelaku UMKM dalam proses perizinan usaha yang diajukan.

“Kepada dinas terkait kita terutama dinas perizinan, kita pastikan untuk memberikan izin pelaku UMKM dengan mudah. Kita akui beberapa waktu yang lalu ketika terjadi turbulensi ekonomi begitu berat karena peristiwa pandemi Covid-19 selama dua tahun yang cukup berat. Namun UMKM menjadi salah satu penyelamat ekonomi bangsa ini, termasuk lagi Provinsi Kepri maka untuk menjamin agar UMKM kita tetap eksis pemerintahan provinsi terus berkomitmen untuk mendorong UMKM agar terus berkembang,” kata Ansar.

BACA JUGA:   Semangat Menderu dari Tanjunguma untuk Ansar Ahmad

Seperti diketahui MTQH X tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 yang dipusatkan di Kota Batam diselenggarakan selama 8 hari terhitung mulai tanggal 20 – dengan 27 Mei 2024.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid mengatakan selama pelaksanaan MTQ, Dataran Engku Puteri ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Sehingga UMKM bisa menjual produknya.

BACA JUGA:   Jadwal Pemadaman Listrik di Batam Kamis 17 Maret 2022

“Jadi ada pergerakan ekonomi. Untuk aktivitas olahraga seperti main bola untuk warga ditiadakan dulu,” katanya.

Jefridin berharap acara MTQ ini bisa berjalan dengan maksimal. Dan Kota Batam bisa meraih juara umum.

“Alhamdulilah MTQ ke 10 ini Batam diamanahkan sebagai tuan rumah. Tadi pagi Pawai Ta’aruf, sore Bazar, malamnya dibuka oleh Pak Gubernur,” katanya.(oma)